Ilustrasi PHK massal oleh perusahan raksasa teknologi dunia.
Dunia

Bumble Pangkas 350 Karyawan, Pendapatan Kuartal Pertama yang Lemah?

  • Bumble atau salah satu aplikasi kencan online berencana. memangkas 350 karyawan. Hal ini sekaligus bagian dari perubahan yang ada di jajaran eksekutif.
Dunia
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Bumble atau salah satu aplikasi kencan online berencana. memangkas 350 karyawan. Hal ini sekaligus bagian dari perubahan yang ada di jajaran eksekutif.

Melansir Reuters, langkah itu diambil setelah CEO Bumble Lidiane Jones melihat profit perusahaan yang tidak memuaskan di kuartal pertama lantaran turunnya minat beli dari penggunanya.

Bumble memperkirakan akan dikenakan biaya pertanggungjawaban sekitar $20 juta hingga $25 juta atau sekitar Rp391 miliar (asumsi kurs Rp15.673 per dolar AS). Sebagian dana tanggungan itu akan diperoleh pada paruh pertama tahun ini.

“Seiring dengan semakin matangnya pasar inti seperti AS, fokus Bumble adalah menghidupkan kembali pertumbuhan ARPU dan mendorong ekspansi pasar lebih lanjut di tingkat global,” kata analis Third Bridge, Jamie Lumley.

Bumble memperkirakan pertumbuhan pendapatan tahunan antara 8% hingga 11%, dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan 13,3%.

Analis Citi mengatakan dalam sebuah catatan bahwa mereka tidak terkejut melihat melambatnya pertumbuhan di Bumble dan prospek fiskal tahun 2024.

Bumble memperkirakan pendapatan kuartal saat ini antara $262 juta dan $268 juta, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata analis sebesar $277,9 juta.

Total pengguna berbayar di seluruh aplikasi Bumble meningkat menjadi 4 juta pada kuartal keempat yang berakhir 31 Desember, dari 3,4 juta pada tahun sebelumnya.

Pada kuartal keempat, pendapatan mencapai $273,6 juta, jauh di bawah perkiraan analis sebesar $275,3 juta. Perusahaan juga membukukan kerugian mengejutkan per saham sebesar 19 sen. Analis rata-rata memperkirakan keuntungan 12 sen per saham.