<p>Tambang batu bara PT Arutmin Indonesia, anak usaha PT Bumi Resources Tbk / Bumiresources.com</p>
Korporasi

BUMI Masuk FTSE Global Equity sekaligus FTSE Global Equity Shariah Index

  • Perubahan ini akan mulai berlaku setelah penutupan perdagangan pada Jumat, 15 September 2023, dan akan efektif pada Senin, 18 September 2023. Ini merupakan kali kedua BUMI berhasil masuk dalam FTSE Global Equity Index, sebuah pencapaian yang patut diapresiasi.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bumi Resources Tbk (BUMI), salah satu perusahaan tambang terkemuka di Indonesia, telah resmi bergabung dalam FTSE Global Equity Index pada bulan September 2023. 

Perubahan ini akan mulai berlaku setelah penutupan perdagangan pada Jumat, 15 September 2023, dan akan efektif pada Senin, 18 September 2023. Ini merupakan kali kedua BUMI berhasil masuk dalam FTSE Global Equity Index, sebuah pencapaian yang patut diapresiasi.

FTSE Global Equity Index adalah sekelompok indeks pasar saham yang disediakan oleh kelompok yang berafiliasi dengan London Stock Exchange. 

Indeks ini mencakup lebih dari 16.000 saham dari 48 negara yang berbeda, menciptakan gambaran yang komprehensif tentang kinerja pasar saham global. 

Salah satu fitur menarik dari keanggotaan BUMI dalam indeks ini adalah bahwa sahamnya telah memenuhi persyaratan syariah sehingga masuk ke dalam kategori FTSE Global Equity Sharia Index

Selain BUMI, saudara perusahaan BUMI, yaitu PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), juga berhasil masuk dalam kategori FTSE Global EquitySharia Index. Ini menunjukkan komitmen BUMI Group untuk mematuhi prinsip-prinsip keuangan Islam dalam aktivitasnya. Keanggotaan dalam indeks ini bukan hanya prestise, tetapi juga dapat membuka peluang baru bagi perusahaan dan para pemegang sahamnya.

Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk Adika Nuraga Bakrie mengungkapkan rasa antusiasnya akan masuknya perseroan yang dipimpinnya ke dalam FTSE Global Equity Index ini. 

“Masuknya BUMI ke dalam indeks FTSE Global Equity diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan para pemegang saham serta lebih banyak menarik investor dari institusi global,” kata Adika melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 September 2023.

Pencapaian ini adalah bukti konkret dari upaya keras perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya dan menarik minat investor global.

Kehadiran BUMI dalam FTSE Global Equity Index memberikan keuntungan besar bagi perusahaan ini. Pertama-tama, hal ini akan meningkatkan visibilitas BUMI di tingkat global. Sebagai anggota indeks ini, BUMI akan mendapatkan perhatian lebih dari investor global dan lembaga keuangan. Ini dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan akses ke modal yang lebih luas dan peluang investasi yang lebih baik.

Selain itu, masuknya BUMI ke dalam indeks ini dapat membuka pintu bagi pemegang saham yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah. Sebagai perusahaan yang memenuhi persyaratan syariah, BUMI menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang ingin menggabungkan nilai-nilai keuangan Islam dengan investasi mereka.