Jalan akses UIN Suska Riau yang dibangun oleh Hutama Karya. Foto: Hutama Karya
Industri

Gunakan Dana CSR, Hutama Karya Bangun Jalan Akses di UIN Suska Riau

  • Kontraktor Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), PT Hutama Karya (Persero), telah membangun jalan akses di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau). Pembangunan ini dilakukan oleh anak Hutama Karya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).
Industri
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Kontraktor Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), PT Hutama Karya (Persero), telah membangun jalan akses di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau). Pembangunan ini dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Pembangunan jalan ini merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) dari Hutama Karya. BUMN Karya tersebut membangun jalan akses di Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau yang sebelumnya tidak memiliki akses jalan permanen.

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan, pihaknya selalu berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya di sekitar proyek yang HKI kerjakan.

“Kami sangat senang apabila dapat menghadirkan nilai tambah bagi masyakarat ataupun stakeholder di sekitar proyek HKI, terlebih di bidang pendidikan,” ujar Aji dalam keterangan resmi, Senin, 2 Agustus 2021.

Jalan akses ini akan menghubungkan Fakultas Pertanian dan Peternakan dengan dua gedung laboratorium dan Teaching Farm yang berlokasi di belakang fakultas.

Ada pun jalan akses yang dibangun adalah berupa jalan dengan perkerasan rigid. Dimulai dari pemadatan jalan, pembangunan jalan akses dilanjutkan dengan melakukan perkerasan rigid, sampai akhirnya pembangunan jalan akses ini telah rampung pada pertengahan Juli 2021.

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau Edi Erwan menyebut jalan akses ini sangat membantu akses jalan bagi civitas akademika UIN Suska Riau untuk menuju asrama putri, dan gedung-gedung perkuliahan dari arah belakang Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan maupun sarana lainnya.

“Tentunya nanti ketika aktivitas perkuliahan kembali normal, hadirnya jalan ini akan dilalui banyak civitas akademika dan membuat perjalanan mereka selama di kampus semakin nyaman,” ujarnya.

Pembangunan jalan akses UIN Suska Riau merupakan bentuk tanggung jawab sosial Hutama Karya sebagai kontraktor JTTS.

Saat ini, HKI telah menyelesaikan konstruksi pembangunan JTTS ruas Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, serta Medan-Binjai, dengan total jalan utama sepanjang 170 km.