1000184973.jpg
Infrastruktur

BUMN Karya Kebut Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino

  • Proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) Seksi 1 digarap oleh Waskita Karya di mana progres pembangunan jalan Tol Bayung Lencir-Tempino, Jambi, sudah mencapai 80%.
Infrastruktur
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono ke proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) yang berlokasi di Jambi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa progres pembangunan berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Proyek yang digarap dengan skema kerja sama operasi (KSO) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wijaya Karya) dan PT Brantas Abipraya (Persero) (Brantas Abipraya) (KSO HK-Wika-BAP) sepanjang 15,47 km.

Waskita Garap Seksi 1

Proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) Seksi 1 digarap oleh Waskita Karya di mana progres pembangunan jalan Tol Bayung Lencir-Tempino, Jambi, sudah mencapai 80%.

“Tol Bayung Lencir - Tempino ini dapat memperlancar lalu lintas Jambi menuju Sumatera Selatan, menghemat waktu tempuh perjalanan hingga 50%, menghemat biaya logistik dan menumbuhkan perekonomian daerah,” ucap Basuki pada Selasa, 23 April 2024.

Sebelumnya Menteri PUPR juga mengunjungi Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (KAPB) yang progresnya telah mencapai 75%. Menteri PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Jambi - Palembang dapat selesai pada kuartal pertama tahun 2025.
SVP Corporate Secretary Perseroan, Ermy Puspa Yunita mengatakan, per April 2024 progres pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 1 ini telah mencapai progres pekerjaan  83,85%.

Progres tersebut meliputi pekerjaan Jalan Tol Utama sepanjang 7,6 km dan Akses Tol sepanjang 2,9 km.  Waskita memperoleh kontrak pekerjaan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 1 pada Mei 2023 dan target selesai pada Triwulan 3 Tahun 2024. Proyek senilai Rp640 miliar untuk porsi Waskita ini dilakukan dengan KSO Integrated dengan Adhi Karya dan Jaya Konstruksi.

Hutama Garap Seksi 3

Adapun pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero).

Hutama Karya dan kontraktor lainnya pada proyek sepanjang 33 km yang tengah dikerjakan dengan target selesai pada Juli 2024 sehingga bisa diresmikan secara parsial.

Progres proyek yang telah mencapai 72,71% ini merupakan upaya untuk meningkatkan konektivitas maupun mobilitas di wilayah Jambi dan sekitarnya.

Di mana Jalan tol pertama di Jambi ini akan membuka konektivitas baru bagi 2 Provinsi yaitu Sumatra Selatan dengan Jambi sehingga dapat melengkapi backbone dari JTTS yang sudah terbentuk.