Dunia

Buronan Asal Italia Berhasil Ditangkap Berkat Google Street View

  • Setelah hampir dua dekade, buronan mafia Italia yang sedang dalam pelarian berhasil ditangkap oleh kepolisian Spanyol berkat fitur Google Street View.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

GALAPAGAR - Seorang buronan mafia Italia yang sedang dalam pelarian selama hampir dua dekade akhirnya berhasil ditangkap oleh kepolisian Spanyol berkat fitur Google Street View.

Kepolisian gabungan otoritas Italia dan Spanyol telah mencari Gioacchino Gammino selama bertahun-tahun dan berhasil melacaknya di Galapagar, Spanyol. Tetapi, Google Street View-lah yang berhasil merekam seorang pria mirip Gammino yang sedang berdiri di depan sebuah toko buah seperti dikutip TrenAsia.com dari The National News pada 8 Januari 2022. 

Mantan bos mafia asal Sicily yang dijuluki Stidda itu telah terdaftar sebagai buronan yang berbahaya oleh Kementerian Dalam Negeri Italia. 

Gammino dilaporkan bekerja sebagai penjual sayur dan buah di kota dekat Madrid itu. Kepolisian juga menemukan foto pria berusia 61 tahun itu sebagai koki pada laman Facebook sebuah restoran dekat lokasi itu. 

Ia diketahui menggunakan nama samaran Manuel dalam persembunyiannya di kota itu, seperti dikutip dari Euronews

Menurut laporan The National News, penangkapan Gammino terjadi pada 17 Desember 2021. Tetapi, perkembangannya baru terungkap belakangan ini.

Pada akhir 1990-an, ia ditangkap atas tuduhan pembunuhan dan perdagangan narkoba. 

Pada 2002, ia berhasil kabur dari penjara Rebibia di Roma. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setahun kemudian atas pembunuhan yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya itu.

Wakil Direktur Unit Polisi Anti-Mafia Italia Nicola Altiero mengatakan Gamino saat ini ditahan di Spanyol dan mereka berharap untuk membawanya kembali ke Italia pada akhir Februari, seperti dikutip dari NDTV.

Foto yang menampilkan Gammino pada bulan Juli 2018 itu masih tersedia sampai sekarang.