Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko
Fintech

Bursa Kripto Terus Digodok, Bappebti Tengah Seleksi 3 Perusahaan

  • Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan hingga saat ini pihaknya tengah menyeleksi tiga perusahaan yang mendaftar untuk masuk bursa kripto.
Fintech
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan hingga saat ini pihaknya tengah menyeleksi tiga perusahaan yang mendaftar untuk masuk bursa kripto.

Namun Didin belum membeberkan siapa nama-nama perusahaan tersebut. Lantaran bursa kripto ini belum siap diluncurkan disebabkan harus ada mekanisme yang rincih sehingga tidak merugikan para pemain kripto kedepannya.

"Saat ini ada tiga pendaftar untuk bursa ript, tetapi masih belum siap. Maka kami tidak biarkan begitu saja, maka kita akan terus dorong ketiganya untuk tetap bisa masuk," kata Didid, dalam konferensi pers di Gedung Bappebti, Jakarta Pusat pada Jumat, 19 Mei 2023.

Didid membocorkan kemungkinan bursa kripto ini akan meluncur paling lambat pada Juli 2023. Maka pihaknya terus merampungkan ragam mekanisme sesuai perintah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

Saat ini Bappebti tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) bersama Kemnterian Keuangan, Badan Kebijakan Perdangangan, Bank Indonesia hingga Lembaga lainnya.

Nantinya RPP tersebut akan mengatur mekanisme pengalihan dari Bappebti ke OJK. Sebab pengatauran dan pengawasan terhadap perdagangan aset kripto dan derivatifnya akan dialihkan ke OJK.Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Jasa Keuangan (UU P2SK) Nomor 4 Tahun 2023.