Ilustrasi demo buruh.
Nasional

Buruh Siapkan Demo Bergelombang di Jakarta, Tuntut Pencabutan UU Cipta Kerja

  • Dalam aksi tersebut mereka menyuarakan tuntutannya mengenai Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan Presidential Threshold.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ribuan buruh kembali menggelar aksi unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat pada Kamis, 14 September 2023. Dalam aksi tersebut mereka menyuarakan tuntutannya mengenai Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan Presidential Threshold

Adapun buruh yang mengadakan demo pada hari diketahui berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Partai Buruh. “Tuntutannya adalah mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja yang akan diputuskan oleh MK,” ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam konferensi Pers, Senin 11 September 2023. 

Unjuk rasa tersebut rencananya digelar di dua tempat yaitu di Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Konstitusi. Demo tersebut diklaim akan diikuti hingga lima ribu peserta. Aksi unjuk rasa tersebut nantinya juga akan digelar kembali pada 21 September 2023 mendatang. 

Aksi itu diklaim akan dihadiri hingga 10 ribu peserta demonstran. Kemudian setelah itu aksi akan dilanjutkan di masing-masing daerah hingga Januari 2024 mendatang. 

Dijaga Ribuan Personel

Guna mengamankan aksi demo yang dilakukan oleh para buruh, Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan 1.500 personel. “Hari ini kita siapkan 15 SSK (1.500 personel) untuk back up seluruh titik yang ada di Jakarta Pusat,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.

Selain melakukan pengamanan, pihak kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan menyiapkan rute alternatif bagi para pengendara.  Sebelumnya, para buruh telah menggelar demo serupa pada Agustus 2023. Mereka menuntut pencabutan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, UU Kesehatan, serta UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK). 

Pada demo yang lalu, aksi tersebut didahului longmarch yang dilakukan para buruh dari Bandung hingga Jakarta pada 2 Agustus sampai 9 Agustus 2023. Pada kesempatan longmarch tersebut, para peserta menyebarkan petisi untuk ditandatangani masyarakat, buruh, petani, dan kelompok kelas pekerja lainnya. 

Petisi yang hendak diedarkan akan memuat sejuta tanda tangan yang sesampainya di Jakarta akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan pimpinan DPR. Para buruh yang menggelar aksi pada hari itu diketahui juga menduduki tempat digelarnya demo hingga malam hari. 

“Info terakhir sampai jam 9 malam. Kami mau ke arah MK, cuman pasti diblokade di Patung Kuda. Tapi aksinya bakal disatukan di sini, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin,” ungkap perwakian Federasi Serikat Pekerja Jakarta Raya KASBI, Ahmad Taufik, Kamis 10 Agustus 2023.

Terdapat 6.612 personel gabungan yang dikerahkan oleh Polda Metro Jaya pada saat itu untuk menjaga aksi serta mengamankan demo buruh yang berada di beberapa lokasi seperi bundaran Patung Kuda, Monas, dan serta beberapa tempat lain di Ibu Kota. Personel gabungan tersebut berasal dari unsur Polri, TNI, dan pemerintah daerah.