Burung Unta.  nationalgeographic/JAMIE ANGUS
Sains

Burung Unta: Burung Terbesar yang Tidak Bisa Terbang

  • Dalam satu langkah, burung unta dapat menempuh jarak hingga 16 kaki (4,9 meter)—sekitar panjang mobil keluarga berukuran sedang.
Sains
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Burung unta adalah burung tertinggi dan terberat di antara semua jenis burung. Meskipun unta yang besar ini adalah burung, namun ia tidak terbang. Sebaliknya, ia berlari.

Burung unta yang tidak bisa terbang merupakan burung terbesar di dunia. Mereka berkeliaran di savana dan padang gurun Afrika dan sebagian besar mendapatkan air dari tanaman yang mereka makan.

Dalam satu langkah, burung unta dapat menempuh jarak hingga 16 kaki (4,9 meter)—sekitar panjang mobil keluarga berukuran sedang. Burung ini juga sangat cepat. Ia dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 40 mil (64 kilometer) per jam untuk jarak pendek.

Serta dapat mempertahankan kecepatan lebih dari 30 mil (48 kilometer) per jam untuk jarak yang lebih jauh. Unta menggunakan sayap pendeknya untuk menjaga keseimbangan, dengan menjulurkannya saat berlari.

Kaki yang kuat juga dapat digunakan untuk pertahanan diri. Seekor burung unta akan menendang dengan kekuatan yang cukup besar untuk membunuh seekor singa. Tendangan burung unta dapat membunuh manusia atau pemangsa potensial seperti singa. Setiap kaki berjari dua memiliki cakar yang panjang dan tajam.

Burung Unta (nationalgeographic/C. BEECHWOOD)

Ketika bahaya mendekat, burung unta seringkali berbaring rendah untuk bersembunyi, menjulurkan lehernya di sepanjang tanah. Warna bulunya menyatu dengan tanah berpasir tempat tinggalnya.

Dari jauh, terlihat seolah-olah burung unta telah mengubur kepala di dalam pasir. Banyak orang mengira bahwa itulah yang dilakukan oleh burung unta ketika mereka mencoba bersembunyi, tetapi itu adalah mitos.

Burung unta hidup dekat dengan hewan pemakan rumput seperti rusa kutub, kijang, dan zebra. Hewan pemakan rumput tersebut mengganggu serangga dan tikus untuk dimakan oleh unta, dan unta memberi peringatan kepada hewan pemakan rumput tentang bahaya seperti singa yang mendekat.

Sebuah kelompok burung unta, yang disebut kawanan, terdiri dari sekitar 12 individu. Burung unta jantan bersaing untuk mengendalikan sekelompok betina. Sebuah kawanan memiliki jantan yang dominan dan betina dominan. Betina tersebut hanya kawin dengan jantan dominan, meskipun jantan tersebut juga dapat kawin dengan betina lain.

Semua betina yang bertelur, disebut ayam, meletakkan telur-telur mereka di sarang betina dominan. Kemudian betina tersebut—yang telurnya ditempatkan di tengah-tengah sarang, tempat yang paling terlindungi—dan pasangannya merawat semua telur di sarang tersebut. Setiap telur dapat memiliki panjang hingga 6 inci (15 sentimeter) dan berat 3 pound (1,5 kilogram).