<p>Desain Jakarta International Stadium</p>
Olahraga

Butuh Rp6 Miliar untuk Ganti Rumput JIS Sesuai Standar FIFA

  • Pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp6 miliar untuk membenahi rumput Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai standar FIFA.

Olahraga

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp6 miliar untuk membenahi rumput Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai standar FIFA. Hal itu setelah JIS diusulkan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akhir tahun ini. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memuji JIS sebagai stadion yang bagus. Namun demikian, pihaknya melihat masih ada yang perlu dibenahi untuk menggelar ajang sekelas Piala Dunia U-17. “Salah satu yang utama adalah rumput,” ujar Basuki dikutip dari Antara, Selasa 4 Juli 2923. 

Menteri mengatakan rumput lapangan JIS perlu diganti keseluruhan agar berstandar FIFA. Menurut perhitungan awalnya, butuh dana sekitar Rp6 miliar untuk pekerjaan tersebut. “Itu baru rumputnya, kalau total perlu dihitung dulu. Anggarannya nanti dari PU,” ujar Basuki.

Selesai 3 Bulan

Sebagai informasi, JIS menjadi salah satu stadion yang bakal diajukan PSSI ke FIFA untuk menjadi venue Piala Dunia U-17. Stadion berkapasitas 82.000 orang itu digadang-gadang menjadi salah satu stadion andalan usai Stadion Utama Gelora Bung Karno yang tak bisa dipakai lantaran untuk venue konser Coldplay. “Sayang kalau stadion begini tidak memenuhi syarat. Kami upayakan bisa masuk standar FIFA,” imbuh Basuki. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan renovasi JIS secara keseluruhan selesai dalam tiga bulan. Pihaknya sudah meninjau lokasi untuk mencari solusi agar stadion yang dibangun dengan dana Rp4 triliun itu dapat menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. “Ada 22 stadion yang kami renovasi. Mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk Piala Dunia U-17.”

Ihwal jadwal kedatangan FIFA, PSSI mengaku masih menunggu kabar selanjutnya. Meski demikian Erick memastikan telah berkoordinasi dengan FIFA terkait persaiapan Indonesia menyambut ajang sepak bola bergengsi yang bakal digelar 10 November-2 Desember 2023 itu. “Tinggal menunggu kabar mereka. Kami bakal ajukan stadion-stadion yang layak untuk bertanding,” ujar Erick.