<p>Jasa pengantaran logistik PT SiCepat Ekspres Indonesia / Dok. Telefast</p>
Korporasi

Calon Unicorn SiCepat Kembali Borong 5 Juta Saham DMMX

  • PT Sicepat Ekspress Indonesia (SiCepat) membeli 5 juta lembar saham PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX).
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Sicepat Ekspress Indonesia (SiCepat) baru saja melakukan transaksi pembelian saham PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) sebanyak 5 juta lembar pada 22 September 2021.

Pembelian saham tersebut membuat kepemilikan saham DMMX oleh SiCepat bertambah 0,065% menjadi 5,75% dari semula 5,68%. Dengan kata lain, jumlah saham DMMX yang digenggam SiCepat kini berjumlah 441.955.300 lembar.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis 23 September 2021, SiCepat membeli saham DMMX di harga Rp2.830 per saham. Walhasil, SiCepat merogoh kocek sebesar Rp14,15 miliar dalam transaksi tersebut.

Direktur Utama DMMX Budiasto Kusuma mengungkapkan tujuan pembelian saham oleh SiCepat adalah untuk kepentingan investasi.

Kepemilikan saham DMMX oleh Sicepat pertama kali tercatat pada 27 Mei 2021 sebesar 4,5%. Kemudian, pada 7 Juni 2021, laporan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat kepemilikan efek SiCepat di atas 5%.

Sebagai informasi, SiCepat digadang-gadang menjadi start up ekspedisi yang akan menyusul J&T menjadi unicorn. Dalam paparan publik belum lama ini, Direktur Strategic Portofolio Telkom Indonesia Budi Setiawan Wijaya menyampaikan ada dua start up yang didanai perusahaan yang akan berstatus unicorn.

"Kami memang berharap akan ada dua investasi lagi yang menjadi unicorn. Tapi, saat ini, kami belum bisa menyebutkan namanya. Tapi sudah ada dalam pipeline," kata Budi saat paparan publik, Senin 6 September 2021.

Melalui anak usaha MDI Ventures, Telkom diketahui mendanai sejumlah start up Tanah Air seperti SiCepat, Alodokter, Amartha, Kredivo, Cermati, TaniHub, PrivyID, dan sebagainya.