Anggur tanaman anggur grape
Gaya Hidup

Camilan Sehat Panenan Sendiri, 5 Jenis Anggur Ini Paling Mudah Ditanam di Pekarangan

  • Selain rasanya enak buah anggur juga cocok dijadikan cemilan sehat karena proses makannya yang tidak ribet
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka buah anggur. Selain rasanya enak buah anggur juga cocok dijadikan cemilan sehat karena proses makannya yang tidak ribet. Beberapa varian anggur juga memiliki jenis yang seadless artinya tidak memiliki biji.

Tahukah Anda bahwa tanaman buah anggur ternyata bisa hidup di dataran rendah yang lumayan panas. Inilah mengapa anggur bisa menjadi ide tanaman buah untuk mengisi pekarangan Anda.

Selain itu anggur juga merupakan jenis tanaman perdu yang tumbuh dengan cara merambat, sehingga untuk menanam tanaman buah kesukaan banyak orang ini Anda tidak memerlukan lahan yang luas.

Berikut adalah 5 jenis tanaman anggur yang mudah ditanam di pekarangan sehingga cocok untuk pemula yang ingin berkebun:

1. Akademik Avidzba

Akademik Avidzba adalah jenis anggur yang cocok untuk pemula yang baru belajar menanam anggur karena jenis anggur satu ini bisa tumbuh di daerah dataran rendah dengan kondisi iklim yang panas.

Karakteristik anggur jenis ini adalah bentuknya yang bulat lonjong dengan warna ungu pekat mengarah ke hitam.

2. Julian

Anggur jenis julian lumayan banyak dicari oleh pecinta tanaman karena perawatannya yang terbilang mudah. Anggur julian memiliki kulit buah berwarna pink kekuning-kuningan.

Anggur jenis ini memiliki bentuk oval agak sedikit lonjong dan memiliki ciri daging buah yang tebal, padat dan renyah.

3. Ninel

Anggur ninel memiliki ciri khas rasanya yang manis. Anggur ini memiliki kulit warna merah dan berbentuk oval.

Meskipun berasal dari Ukraina, nyatanya anggur jenis ini juga cocok dibudidayakan di kondisi iklim Indonesia.

Anggur jupiter adalah jenis anggur yang paling umum ditemui di toko-toko buah. Anggur jenis ini banyak difavoritkan oleh orang-orang karena rasanya yang manis dan tanpa biji.

Anggur jupiter memiliki kulit berwarna merah keunguan dengan tekstur daging yang renyah dan tebal.

5. Transfigurasi

Anggur jenis transfigurasi dikenal memiliki kemampuan untuk adaptasi yang baik terhadap lingkungan baru. Selain itu jenis anggur ini juga membutuhkan perawatan yang relatif mudah. Dengan citarasa yang manis dan menyegarkan anggur ini layak menjadi primadona baru bagi para pecinta tanaman buah anggur.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 jenis tanaman anggur yang mudah ditanam di pekarangan sehingga cocok untuk pemula yang ingin berkebun. Semoga bermanfaat!