<p>Erdogan dan Putin menyaksikan dari dekat jet tempur generasi kelima yang dibangun Sukhoi Rusia</p>
Nasional & Dunia

Canda dan Tawa Putin-Erdogan di Depan Jet Tempur Siluman

  • Pertunjukan udara dua tahunan MAKS di luar Moskow dibuka Presiden Vladimir Putin Selasa 27 Agustus 2019. Presiden Turki Recep Erdogan secara istimewa tampil bersama dalam acara tersebut sebagai sebuah pesan jelas yang coba dikirim ke Amerika Serikat terkait cekcok masalah peralatan perang antara Ankara dan Washington akhir-akhir ini. Erdogan juga membuat komentar tidak langsung tentang […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Pertunjukan udara dua tahunan MAKS di luar Moskow dibuka Presiden Vladimir Putin Selasa 27 Agustus 2019. Presiden Turki Recep Erdogan secara istimewa tampil bersama dalam acara tersebut sebagai sebuah pesan jelas yang coba dikirim ke Amerika Serikat terkait cekcok masalah peralatan perang antara Ankara dan Washington akhir-akhir ini.

Erdogan juga membuat komentar tidak langsung tentang pembelian Su-57 selama acara tersebut. Seperti diketahui, Turki ditendang oleh Amerika dari pembangunan bersama jet tempur generasi kelima F-35 setelah Ankara ngotot membeli sistem pertahanan udara S-400.

Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya khawatir bahwa militer Turki yang mengoperasikan kedua sistem secara bersamaan dapat mengekspos rincian sensitif tentang pesawat tempur siluman kepada pemerintah Rusia. Akibatnya Turki pun diperkirakan akan membeli Su-57, jet tempur siluman yang dibangun Sukhoi Rusia.

MAKS, akronim berbahasa Rusia yang diterjemahkan sebagai International Aviation and Space Salon, dibuka pada 27 Agustus 2019, di Bandara Internasional Zhukovsky, yang juga merupakan rumah bagi pusat penelitian dan pengembangan dirgantara pemerintah Rusia Gromov Flight Research Institute, dan akan berjalan hingga 1 September.

Erdogan dan Putin melakukan tur dan menerima brief tentang berbagai pesawat dan helikopter.  Foto-foto dan video menunjukkan Putin dan Erdogan berkeliling berbagai pesawat militer dan sipil serta helikopter, termasuk helikopter angkut menengah Mi-38 baru dan helikopter angkut  ringan Ka-62 yang baru. Pasangan pemimpin dunia ini juga melakukan tur pesawat Irkut MC-21, yang masih dalam pengembangan.

Erdogan juga mendapat kesempatan untuk melihat ke dalam sedan mewah Aurus Senat, yang merupakan bagian dari pengembangan limusin terbaru Presiden Rusia. Aurus juga merancang interior VIP mewah untuk helikopter angkut Kazan Ansat yang juga dipajang di MAKS.

Namun, perhentian paling menarik adalah ketika Erdogan melihat dari dekat  Su-57.  “Apakah ini Su-57? Apakah ini terbang? ” tanya Erdogan. “Ya, kami akan menunjukkannya hari ini,” jawab Putin.

“Jadi sekarang, apakah kita akan membeli yang ini?,” Erdogan bertanya yang dijawab Putin “Anda boleh membelinya” Kemudian Erdogan tertawa.