<p>Aplikasi pemesanan hotel Airbnb segera IPO di pasar modal / Reuters</p>
Dunia

Canggih, Airbnb Gunakan AI untuk Hindari Penyewa Tak Bertanggung Jawab Selama Halloween

  • Perusahaan mengatakan mereka akan menggunakan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mencoba mencegah pelanggan mengadakan pesta besar dan berpotensi mengganggu lingkungan sekitar.

Dunia

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Menjelang Halloween, Airbnb mencoba menghentikan kemungkinan pesta tidak bertanggungjawab yang mungkin dilakukan oleh penyewa.

Perusahaan mengatakan mereka akan menggunakan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mencoba mencegah pelanggan mengadakan pesta besar dan berpotensi mengganggu lingkungan sekitar. 

“Meskipun pihak-pihak yang mengganggu jarang terjadi, kami ingin mencoba mengurangi risiko terjadinya hal-hal tersebut lebih jauh lagi. Sistem AI kami adalah alat penting dalam membantu kami melakukan hal tersebut, dan kami optimis sistem ini akan memberikan dampak positif pada komunitas dan lingkungan sekitar kita pada Halloween ini,” kata Naba Banerjee, kepala Kepercayaan dan Keamanan di Airbnb, dilansir Minggu, 29 Oktober 2023.

Perusahaan mengatakan kali ini, mereka memblokir lebih dari 11 ribu orang di Florida.

Tahun ini, perusahaan tersebut menggunakan kecerdasan buatan untuk memblokir pemesanan rumah untuk satu dan dua malam tertentu yang diidentifikasi berpotensi menimbulkan risiko lebih tinggi bagi sebuah pesta.

Salah seorang mantan tuan rumah Airbnb memberikan pendapatnya mengenai fenomena ini. 

“Kami memiliki lebih dari 500 anak di lingkungan kami, setiap tahun saat Halloween, Anda tahu, para orang tua percaya bahwa mereka mempercayai tetangga di rumah yang mereka datangi. Dan jika Anda memiliki seseorang yang bersifat sementara dalam hal tersebut, selalu ada risiko terjadinya kebijakan yang tidak etis atau hal-hal etis,” kata Anthony Marolla, mantan tuan rumah Airbnb.

Selain AI, Airbnb memiliki tim kepemimpinan komunitas untuk membantu pemilik seperti Marolla merasa terlindungi dan tetangga merasa aman.

“Kami mendapat keluhan tentang mereka, kami juga berbicara dengan kota-kota, kami berbicara dengan polisi, kami memberi mereka saluran komunikasi komunitas yang memungkinkan anggota komunitas di lingkungan sekitar untuk dapat melaporkan jika ada pesta yang sedang berlangsung,” kata Brian Ross, pemimpin komunitas.

Selain pemesanan yang diblokir, Airbnb mengatakan pelanggan tidak akan bisa memesan kecuali mereka mengkonfirmasi risiko yang terkait dengan mengadakan pesta.