tempat charger EV
Infrastruktur

Canggih! IKN Bangun Jalan yang Bisa Cas Kendaraan Listrik

  • Pembangunan jalan dengan sistem dapat digunakan mengisi daya merupakan langkah memastikan penyediaan transportasi memprioritaskan prinsip rendah emisi.
Infrastruktur
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan membangun jalanan yang sekaligus bisa digunakan mengisi ulang daya kendaraan listrik yang beroperasi. Tidak hanya di jalanan, tempat cas kendaraan listrik juga disediakan di rest area jalan tol IKN. 

Pembangunan jalanan yang bisa digunakan untuk charger tersebut mengadopsi sistem yang telah diuji coba di luar negeri. Pembangunan jalan dengan sistem dapat digunakan mengisi daya merupakan langkah memastikan penyediaan transportasi memprioritaskan prinsip rendah emisi (net zero emission). 

Pasalnya IKN nantinya hanya akan menggunakan kendaraan berbasis tenaga listrik dan hidrogen. “IKN sendiri hanya (memperbolehkan) kendaraan-kendaraan listrik dan jalan di IKN nantinya bisa mengisi ulang daya kendaraan tersebut saat melintas,” ungkap Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga, dikutip dari Antara, Senin 28 Agustus 2023.

Ke depan, IKN akan mengusung kendaraan berbasis tenaga listrik dengan teknologi baru dan tenaga hidrogen. Perjalanan di IKN merangkul inovasi untuk meningkatkan perjalanan melalui mobility as a service (MaaS), pencarian rute dinamis dan mode mobilitas masa depan, termasuk kendaraan listrik, serta kendaraan yang terhubung dan otonom untuk transportasi umum.

Keberadaan jalan tersebut sekaligus melangkapi jajaran teknologi canggih yang hendak diterapkan di IKN yang pembangunannya mengadopsi konsep Smart Forest City. Sebelumnya IKN juga akan membangun Jalan tol bawah laut yang menyeberangi Teluk Balikpapan di IKN Nusantara.

Kawasan tersebut merupakan habitat bagi bekantan serta fauna dan flora endemik lainnya. Tol bawah laut dibangun sebagai rangkaian dari Jalan Tol Akses IKN yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN Nusantara. 

IKN juga akan membangun jalan tol yang dapat difungsikan sekaligus menjadi runway (landasan pacu) pesawat. Hal tersebut mencontoh beberapa negara di dunia yang telah memanfaatkan jalan-jalan lurus untuk bisa didarati atau menjadi landasan pesawat dalam kondisi yang darurat. 

Tidak hanya jalan tol, rencananya jalan arteri juga akan dapat digunakan sebagai runway dari pesawat.  Jalan tol sepanjang 3 km dan jalan arteri sepanjang 1-2 km akan didesain khusus dengan kontur jalan lurus seperti runway pesawat sehingga dapat didarati oleh burung besi dikala kondisi darurat. 

Rencananya, jalan yang didesain demikian berada di Jalan Tol Akses IKN Nusantara Seksi 6A dan 6B. Di luar pembangunan prasarana jalan raya, IKN menerapkan beberapa teknologi canggih dalam hal pengelelolaan air. IKN akan mengolah air keran dengan sedemikian rupa sehingga memenuhi standar untuk langsung diminum. 

Guna optimalisasi air, IKN juga melakukan daur ulang air untuk memenuhi kebutuhan air baku sebagai penunjang kebutuhan di luar kebutuhan pokok seperti air minum serta mandi cuci kakus (MCK).