<p>BI telah mengguyur pasar senilai Rp300 triliun untuk menjaga pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak awal tahun agar tidak terus tertekan. / Pixabay</p>
Nasional

Canggih, Lewat BI-FAST Kini Transfer Dana Cukup Pakai Nomor HP atau Email Saja

  • Bank Indonesia menyampaikan bahwa dengan BI FAST, infrastruktur sistem pembayaran terbaru mereka, tidak hanya biaya transfer menjadi lebih murah atau sekitar Rp2.500 saja, tapi juga kini transfer bisa menggunakan nomor HP dan email melengkapi nomor rekening seperti yang dipakai nasabah saat ini.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Bank Indonesia menyampaikan bahwa dengan BI FAST, infrastruktur sistem pembayaran terbaru mereka, tidak hanya biaya transfer menjadi lebih murah atau sekitar Rp2.500 saja, tapi juga kini transfer bisa menggunakan nomor HP dan email melengkapi nomor rekening seperti yang dipakai nasabah saat ini. 

Melalui uanggahan di media sosial Instagram, menyatakan bahwa salah satu fitu BI-FAST adalah proxy address atau sebagai alias nomor rekening nasabah dengan menggunakan nomor HP atau email yang dimiliki pemiliki rekening (nasabah perbankan). Pendaftaran proxy address sendiri tidak melalui BI, melainkan lewat bank yang menjadi tembat membuka tabungan atau rekening nasabah yang telah mengimplementasikan BI-FAST.

“Informasi terkait perbankan yang telah mengimplementasikan BI-FAST dapat dilihat di laman www.bi.go.id >> publikasi >> ruang media >> siaran pers,” tulis akun IG BI seperti dikutip Minggu, 9 Januari 2022.

Sejumlah bank yang sudah mengimplementasikan BI-Fast di antaranya bank anggota HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri, BTN), BCA, serta BSI.

Namun demikian, proxy address hanya dapat digunakan untuk satu nomor rekening saja. Sehingga bila salah satu nomor HP atau email telah terdaftar sebagai proxy address, maka tidak dapat didaftarkan kembali untuk nomor rekening lainnya.

Tapi jika nasabah ingin memindahkan proxy address ke nomor rekening lain, nasabah bisa mengajukannnya kepada bank. Tentunya fitur ini melengkapi berbagai kelebihan lainnya yang dimiliki BI-FAST, seperti efisiensi, realtime, 24/7, cepat, mudah, murah, aman dan andal.