Canggih! LG Rilis TV OLED Transparan Nirkabel Pertama di Dunia
Tekno

Canggih! LG Rilis TV OLED Transparan Nirkabel Pertama di Dunia

  • Raksasa teknologi asal Korea Selatan, LG Electronics baru saja meluncurkan TV OLED transparan nirkabel pertama di dunia yang disebut LG Signature OLED T.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, LG Electronics baru saja meluncurkan TV OLED transparan nirkabel pertama di dunia yang disebut LG Signature OLED T. 

TV ini menampilkan layar berbasis dioda pemancar cahaya organik (OLED) yang dapat terlihat seolah menghilang saat dimatikan.

Dikutip TrenAsia.com dari laman Korea Times pada Senin, 8 Januari 2023, LG Signature OLED T menggabungkan teknologi OLED transparan dengan kemampuan transmisi dan penerimaan AV secara nirkabel. 

Hal ini memungkinkan pemirsa untuk melihat melampaui layar tanpa perlu kabel yang terlihat di sekitar layar, sesuai dengan keterangan resmi dari LG Electronics.

Keunggulan utamanya terletak pada teknologi piksel yang menyala otomatis pada layar TV tersebut, yang menjaga kualitas gambar tetap sempurna dengan ukuran ultra-slim.

Dengan menggunakan TV ini, pemirsa dapat dengan bebas bergerak di sekitar ruang keluarga mereka tanpa terhalang. Hal ini menjadi mungkin dilakukan berkat layar transparan dan teknologi nirkabel yang dimilikinya.

LG Signature OLED T juga menawarkan dua mode layar yang berbeda, yaitu mode transparan dan mode hitam. Dalam mode transparan, pemirsa dapat menikmati konten bersamaan dengan adegan atau karya seni yang mungkin ada di belakang TV, seperti jendela atau dinding.

Bagi mereka yang mengutamakan kualitas resolusi yang lebih tinggi, cukup dengan satu klik pada remote control, layar dapat beralih ke mode hitam. 

TV ini dilengkapi dengan prosesor AI terbaru, Alpha 11, dan sistem operasi smart TV webOS dari LG Electronics. Ini diiklankan memiliki kinerja empat kali lipat lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Prosesor Alpha 11 tidak hanya meningkatkan kualitas gambar dengan menganalisis rekaman piksel dengan detail sempurna, tetapi juga melakukan koreksi warna untuk mencapai tingkat akurasi yang diinginkan oleh pembuatnya. 

LG Electronics menyatakan bahwa LG Signature OLED T diharapkan akan masuk ke pasar global pada akhir tahun ini.