Recruitment Pertamina 2022 Resmi Dibuka, Simak Formasi dan Cara Daftar
Korporasi

Canggih! Pertamina Pantau Distribusi Subsidi BBM dan LPG Lewat Sistem Digital PIEDCC

  • PT Pertamina (persero) terus memastikan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) subsidi agar tepat sasaran sehingga tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Korporasi
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – PT Pertamina (persero) terus memastikan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) subsidi agar tepat sasaran sehingga tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Terbaru, Pertamina akan melakukan pemantauan ketat lewat sistem digital yang terpusat di command centre Pertamina atau dikenal dengan Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC).

Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, keunggulan dari PIEDCC yakni bisa menyajikan data secara real time sehingga dapat memonitor proses bisnis Pertamina dari hulu ke hilir termasuk distribusi energi di seluruh pelosok negeri. 

"PIEDCC merupakan salah satu inovasi Pertamina untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia,” kata dia dalam laman resmi dikutip Jumat, 24 Juni 2022.

Sebelumnya Pertamina melakukan berbagai upaya untuk memperketat pengawasan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), salah satunya dengan menerapkan sistem digitalisasi dan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di setiap pulau pompa hingga bekerja sama dengan aparat penegak hukum. 

Selain itu Pertamina juga telah menerapkan monitoring Global Positioning System (GPS) pada mobil tangki pengangkut BBM bersubsidi khususnya jenis solar untuk antisipasi adanya potensi mobil tangki berhenti di jalur yang tidak wajar. 

Semua usaha tersebut telah diterapkan dan dijalankan oleh Pertamina dimana penyajian datanya terpantau secara digital dimana pusat kontronya berada di pusat kantor Pertamina, Jakarta Pusat.