Car free day di Jalan Slamet Riyadi, Solo.
Gaya Hidup

Car Free Day Terpanjang di Indonesia Tetap Buka Selama Ramadan

  • Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan ajang car free day (CFD) tetap diberlakukan seperti biasa di bulan Ramadan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan ajang car free day (CFD) tetap diberlakukan seperti biasa di bulan Ramadan. Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya, CFD dibuka setiap hari Minggu mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. 

Sebagai informasi, Solo memiliki dua ruas CFD yakni di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Ir Juanda. Panjang CFD Slamet Riyadi yang membentang dari perempatan Purwosari hingga bundaran Gladak diperkirakan mencapai 3,74 kilometer (km). Adapun CFD Juanda memiliki panjang ruas hampir 2 km. 

Hal ini membuat Solo menjadi kota dengan penyelenggaraan CFD terpanjang di Indonesia. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, memastikan CFD di Solo tidak diliburkan di bulan Ramadan. Adapun operasional pada angkutan Lebaran (H-7 dan H+7 Idulfitri) masih dikaji. “CFD tetap lanjut setiap hari Minggu di bulan Ramadan. Silakan diramaikan,” ujar Ari kepada TrenAsia.com, Jumat 24 Maret 2023. 

Pihaknya mengatakan konsep dan aturan CFD selama Ramadan relatif sama seperti CFD di hari biasa. Pemkot tetap membolehkan kegiatan olahraga, panggung hiburan dan transaksi jual-beli di sejumlah titik. Namun Pemkot tengah mengkaji operasional PKL kuliner di CFD selama Ramadan. “Infonya PKL masih boleh ada, tapi hanya yang non-kuliner. Dinas Perdagangan sedang menyusun surat edaran terkait hal itu,” tutur Ari.  

CFD merupakan bentuk partisipasi Kota Solo dalam upaya menurunkan emisi gas buang kendaraan dalam rangka mengurangi efek pemanasan global. Dalam perjalanannya, CFD menjadi sarana berkumpul warga untuk berolahraga, berkesenian dan lain sebagainya. CFD juga menjadi wahana menggerakkan perekonomian lokal lewat penyediaan ruang berjualan bagi PKL.