Ilustrasi dua orang tua bahagia.
Rumah & Keluarga

Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua

  • senja adalah sesuatu yang pasti akan datang seiring waktu. Namun, pilihan untuk menikmati masa tua dengan tenang atau tidak, sepenuhnya tergantung pada keputusan yang Anda buat saat ini. Menjalani masa tua dengan damai, sehat, dan bahagia adalah impian setiap orang. Apalagi jika masa tua disertai dengan harta.

Rumah & Keluarga

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Usia senja adalah sesuatu yang pasti akan datang seiring waktu. Namun, pilihan untuk menikmati masa tua dengan tenang atau tidak, sepenuhnya tergantung pada keputusan yang Anda buat saat ini. Menjalani masa tua dengan damai, sehat, dan bahagia adalah impian setiap orang. Apalagi jika masa tua disertai dengan harta.

Bagi sebagian orang, memasuki usia 50-an dan seterusnya bisa terasa menakutkan dan penuh kecemasan, karena banyak hal yang terus berubah. Tidak dapat dipungkiri, kondisi kesehatan tidak sebaik saat muda. Anda mungkin lebih cepat lelah, mengalami pelupa, atau mulai merasakan berbagai keluhan kesehatan.

Namun, penting untuk berhenti mengeluh tentang penurunan kondisi fisik. Mulailah menikmati apa yang Anda miliki saat ini, dan syukurilah kenyataan bahwa tidak banyak orang yang dapat menikmati hari tua dalam keadaan yang baik.

Jika Anda telah menerapkan pola hidup sehat sejak muda, saat ini adalah waktu untuk menikmati hasil dari usaha tersebut. Di negara-negara maju, terlihat banyak lansia yang tetap sehat, berumur panjang, dan tetap produktif. Untuk tetap sehat dan Bahagia di usia tua, berikut beberapa cara yang bisa kalian laukan. Yuk, simak!

Cara Mendapatkan Masa Tua Damai dan Bahagia

Berikut cara mendapatkan Bahagia di hari tua:

Terapkan Pola Makan yang Sehat

Untuk menikmati hidup di usia tua dengan baik, penting untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk mencapai kehidupan yang sehat di masa tua adalah dengan menerapkan pola makan sehat sejak dini. Makan makanan bergizi merupakan kunci utama agar tubuh tetap bugar.

Memulai kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur sejak muda merupakan langkah awal menuju kehidupan bahagia di masa tua. Kebiasaan makan sehat ini akan terus terbawa hingga tua, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Biasakan Olahraga

Kehidupan masa tua yang bahagia dapat diraih dengan membiasakan diri berolahraga. Olahraga berperan penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Jika Anda sudah terbiasa berolahraga sejak muda, kebiasaan ini akan terus berlanjut hingga usia tua.

Bagi lansia, olahraga adalah kegiatan yang dapat membantu menjaga kesegaran tubuh. Selain memperkuat fisik, olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Dengan berolahraga, Anda dapat merasa lebih rileks dan bahagia.

Jaga Penampilan

Menjaga penampilan bukan hanya untuk generasi Z atau milenial, orang tua juga membutuhkannya. Berpenampilan rapi, baik dalam berpakaian, merawat wajah, maupun menjaga kebersihan diri, dapat meningkatkan perasaan positif.

Contohnya, dengan menggunakan pelembap atau serum untuk kesehatan kulit wajah, memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari, mandi dan menggosok gigi dua kali sehari, serta minum 1,5-2 liter air setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh.

Tidak ada salahnya berdandan sedikit, seperti memakai makeup dan parfum. Orang yang berpakaian rapi, bersih, dan wangi akan terlihat lebih menarik dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Menjaga Kehidupan Sosial

Penelitian yang dipublikasikan oleh American Psychological Association menunjukkan, memiliki kehidupan sosial yang baik dan mengutamakan aktivitas sosial dapat mengurangi penurunan kesehatan pada lansia. Hal ini mengingatkan kita bahwa menjaga persahabatan dalam situasi apapun, serta membentuk pertemanan baru, sangat penting sebagai bekal untuk hari tua.

Mengikuti Kabar Terkini

Ada banyak cara untuk mengikuti kabar terkini, seperti melalui media sosial, menonton video di YouTube, atau membaca berita di situs media terpercaya. Mendengarkan musik melalui berbagai media juga bisa meningkatkan suasana hati dan memori, terutama bagi orang tua yang rentan terhadap demensia.

Bagi orang tua yang kurang nyaman menggunakan ponsel untuk mengikuti berita, alternatifnya adalah dengan menggunakan TV kabel yang menyediakan saluran hiburan (film dan musik) serta berita, sehingga mereka tetap dapat mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di dunia.

Menjalani Hidup Mindfulness

Menjalani hidup secara mindfulness berarti Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal di luar kendali. Saat memasuki usia lanjut, hal terpenting yang harus dipahami adalah menghindari terlalu banyak pikiran dan kekhawatiran.

Salah satu kunci untuk menikmati masa tua adalah dengan bersantai dan fokus pada hari ini. Prinsip mindfulness membantu Anda tetap bahagia di saat ini, sehingga bisa menikmati setiap momen dalam kehidupan di usia tua.

Tetap Aktif

Ketika usia bertambah, mungkin muncul perasaan tidak lagi berguna atau penyesalan karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Pikiran-pikiran seperti ini harus segera dihilangkan. Alihkan perhatian dengan tetap aktif dalam berbagai kegiatan.

Jangan membatasi diri hanya pada karier, keluarga, dan pasangan. Ekspresikan diri di luar hal-hal tersebut agar muncul rasa puas dan kebahagiaan. Ingat, kebahagiaan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhkan Anda dari rasa cemas serta depresi.

Nah, itu dia beberapa cara agar tetap Bahagia di hari tua. Semoga bermanfaat!