Cara Ampuh Mencegah Lifestyle Creep Gara-Gara Gaji Naik
Gaya Hidup

Cara Ampuh Mencegah Lifestyle Creep Gara-Gara Gaji Naik

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari lifestyle creep atau inflasi gaya hidup ketika penghasilan meningkat. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Jika pekerjaan Anda saat ini memberi kenaikan gaji minggu depan, apa yang Anda lakukan dengan tambahan uang tersebut? 

Apakah Anda ingin berbelanja atau membeli barang yang sebelumnya tidak mampu Anda beli? Jika iya, sebetulnya Anda tidak sendiri. Banyak orang yang mengalami kegembiraan tersebut dan cenderung untuk membelanjakan lebih banyak.

Fenomena ini disebut dengan lifestyle creep atau inflasi gaya hidup. Lifestyle creep terjadi ketika apa yang pernah Anda anggap cukup tidak lagi memuaskan Anda ketika pendapatan meningkat. 

Hal ini membuat kemewahan yang Anda nikmati sebelumnya tampak tidak lagi memuaskan dan membuat Anda membeli barang baru. Kebiasaan tersebut jika dibiarkan akan membuat Anda jadi terjebak dalam perangkap keuangan yang tidak pernah berakhir.

Untuk mencegah lifestyle creep atau inflasi gaya hidup, Anda bisa mencoba mempraktikkan beberapa cara berikut ini.

Tips Menghindari Lifestyle Creep Gara-Gara Gaji Naik 

1. Buat Anggaran Berbasis Tujuan

Seperti halnya rencana keuangan apapun, penting untuk selalu merencanakan agar tujuan keuangan Anda sukses. Anda bisa mencoba membuat anggaran berbasis tujuan agar Anda mengetahui hal penting yang Anda butuhkan dan membantu impian Anda yang sebenarnya menjadi kenyataan.

2. Kelilingi Diri Anda dengan Orang yang Sepemikiran

Terkadang banyak keputusan yang Anda buat tidak dibuat untuk diri sendiri, tapi untuk memuaskan orang lain dalam kehidupan kita. Misalnya ketika circle pertemanan Anda membuat rencana untuk menikmati makanan di restoran mewah, meskipun Anda tahu hal ini bisa jadi mahal, Anda mungkin tetap ingin bergabung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan melakukan hal itu, Anda akan mengelilingi diri Anda dengan orang yang mendukung Anda dan tidak akan mendorong Anda untuk jatuh ke dalam gaya hidup yang buruk.

3. Berhati-Hati Saat Melihat media Sosial

Selain dari lingkungan pertemanan, Anda bisa tergoda untuk berbelanja dan boros saat terpengaruh gaya hidup dari selebriti dan influencer. Hindari mengikuti akun yang mendorong Anda untuk membelanjakan uang lebih dari yang Anda butuhkan atau kemampuan Anda.

4. Visualisasikan Tujuan 

Dengan kekuatan visualisasi, Anda bisa mulai melihat diri Anda mencapai tujuan yang Anda pikirkan. Cara melakukannya adalah dengan membuat vision board untuk membantu Anda mengingat apa yang penting bagi Anda. 

5. Manjakan Diri dengan Bijak

Dengan anggaran yang sudah Anda buat, maka jauh lebih mudah bagi Anda untuk melihat seberapa banyak yang telah Anda keluarkan untuk tujuan keuangan yang sebenarnya.  Anda tetap bisa memanjakan diri dengan menyisihkan uang setiap bulan ke dalam dana khusus yang terpisah dari anggaran untuk kebutuhan. Hal ini tidak akan menimbulkan rasa bersalah ketika Anda berbelanja karena hal itu bukanlah hal yang dilakukan karena tergoda dan semuanya karena dipikirkan dengan cermat.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari lifestyle creep atau inflasi gaya hidup ketika penghasilan meningkat. Selamat mencoba.