Gaya Hidup

Cara Atur Keuangan buat Kaum Milenial

  • JAKARTA – Generasi milenial sebagai salah satu lapisan angkatan kerja atau kaum produktif merupakan golongan yang terkena dampak pandemi Covid-19. Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie memaparkan, kondisi saat ini memunculkan kekhawatiran di kalangan generasi milenial atau generasi sandwich terhadap keamanan pekerjaan dan masa depan. “Saat ini sebenarnya merupakan peluang untuk meningkatkan produktivitas. Kalau tidak hati-hati […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Generasi milenial sebagai salah satu lapisan angkatan kerja atau kaum produktif merupakan golongan yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie memaparkan, kondisi saat ini memunculkan kekhawatiran di kalangan generasi milenial atau generasi sandwich terhadap keamanan pekerjaan dan masa depan.

“Saat ini sebenarnya merupakan peluang untuk meningkatkan produktivitas. Kalau tidak hati-hati masa depan tidak dipersiapkan dengan baik maka akan memunculkan beban,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat, 11 September 2020.

Prita memaparkan sejumlah kiat yang bisa dilakukan generasi milenial untuk mempersiapkan masa depan mereka terutama soal bagaimana mengatur keuangan di saat pandemi.

Pengaturan keuangan sebaiknya fokus ke orang yang memberi penghasilan atau tulang punggung keluarga secara ekonomi, kemudian orang yang memiliki risiko sakit tinggi seperti orang tua baru kemudian anggota keluarga yang lain.

“Penghasilan yang diterima akan lebih baik jika dibagi-bagi untuk SIP atau saving, investment and protection,” ujarnya.

Menurut Prita, proteksi keuangan sangat penting direncanakan bagi generasi milenial terutama untuk perlindungan saat sakit atau hari tua. Sebab, risiko sakit atau gangguan kesehatan dapat muncul kapan saja.

Prita menyarankan generasi milenial dapat memanfaatkan peluang untuk lebih produktif, kalau bisa tidak bergantung pada satu tempat penghasilan.

Earning power ditingkatkan mumpung masih muda. Penghasilan bisa dibagi-bagi untuk saving, investasi, dan proteksi,” katanya.

Berikut kiat lainnya bagi generasi milenial yang disarikan dari berbagai sumber.

Fokus pada Satu Utang
Ambillah pinjaman pribadi dengan bunga yang lebih rendah untuk melunasi sejumlah tagihan kartu kredit. Salah satu caranya dengan meminjam ke kerabat.

Diversifikasi Sumber Penghasilan
Kaum milenial sebaiknya membangun keterampilan dan mengembangkan pengetahuannya dengan tujuan mencari sumber penghasilan tambahan. Meski sudah mengantongi penghasilan utama, ada baiknya milenial mencari penghasilan lain yang sesuai dengan minat dan keahliannya.

Tahan Keinginan
Kaum milenial kerap kali tergoda melakukan pembelian secara impulsif, seperti membeli gadget terkini atau barang bermerek mahal. Usahakan untuk menahan diri membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan saat ini.