Cara Menjaga Kesehatan dan Produktivitas Saat Bekerja di Tempat Tidur
Gaya Hidup

Cara Bekerja di Tempat Tidur yang Sehat dan Tetap Produktif

  • Tips bekerja di tempat tidur saat work from home yang sehat dan produktif.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat Anda harus bekerja dari rumah (work from home) selama pandemi, Anda mungkin pernah tergoda untuk bekerja dari tempat tidur dari waktu ke waktu. Anda mungkin juga tidak memiliki ruang kerja khusus di rumah, sehingga harus menjadikan tempat tidur sebagai kantor sementara.

Banyak orang yang setuju bahwa bekerja di tempat tidur dapat mengganggu jadwal tidur sehingga membuat Anda jadi kurang produktif. Tak hanya itu, bekerja dari tempat tidur juga bisa merusak postur tubuh Anda, dan menimbulkan rasa sakit dan nyeri akibat tidak mengatur tempat kerja dengan tepat.

Kamar tidur kerap digunakan sebagai suatu lingkungan yang santai yang mendorong Anda untuk mudah mengantuk dan tidur. Oleh karena itu, jika Anda bekerja dari tempat tidur secara teratur, otak akan mudah mengasosiasikan tempat tidur sebagai bagian dari pekerjaan. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada tidur saat Anda mulai mencoba bersantai saat malam hari, karena otak Anda akan tetap berada pada mode kerja saat waktu tidur.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bagaimana terlalu sering melihat ponsel sebelum tidur dapat menunda waktu tidur karena pengaruh cahaya biru atau blue light yang dipancarkannya. 

Selain itu, mengaburkan batas antara waktu istirahat dan waktu untuk bekerja juga dapat membuat Anda jadi kurang produktif. Apalagi jika Anda bekerja di ruangan yang gelap yang dikelilingi bantal dan selimut yang empuk.

Akan tetapi, jika Anda harus bekerja dari tempat tidur mungkin karena sedang tidak enak badan atau tidak ada ruangan lain di rumah Anda, Anda bisa menerapkan cara berikut ini.

Pertama, Anda harus memikirkan ergonomi yang tepat dari ruang kerja Anda, untuk membuat tulang belakang Anda dalam posisi senetral mungkin. Pastikan juga posisi kepala, lengan, dan punggung dalam posisi yang netral agar tubuh Anda tidak mudah nyeri.

Anda juga sebaiknya jangan bersandar pada kepala tempat tidur atau dinding karena dapat meregangkan sisi belakang otot Anda, termasuk bagian fleksor pinggul. Saat Anda terlalu banyak duduk sepanjang hari, fleksor punggung akan terasa kencang. Peregangan tambahan juga dapat menyebabkan punggung Anda jadi lebih sakit.

Selanjutnya, pastikan untuk melakukan gerakan di sela-sela bekerja. Lakukan peregangan setiap 45 hingga 60 menit agar tubuh Anda tidak mudah pegal dan nyeri.