Photo by nappy: https://www.pexels.com/photo/a-father-reading-a-book-to-his-baby-3536643/
Gaya Hidup

Cara Belajar Bahasa yang Efektif Seperti Bayi Menurut Penelitian

  • Bayi memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membedakan semua suara dalam semua bahasa dan mengingatnya dengan cepat
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Di zaman sekarang ini menguasai bahasa asing sudah menjadi tuntutan utama. Menguasai bahasa asing terutama bahasa yang digunakan secara internasional seperti bahasa Inggris dapat menunjang Anda dalam kehidupan profesional maupun personal.

Pentingnya menguasai bahasa membuat banyak orang mulai mencari teknik-teknik belajar bahasa yang paling efektif agar mereka bisa mendapat hasil yang maksimal tanpa banyak membuang waktu dan tenaga.

Pernahkah Anda melihat anak kecil yang begitu fasih berbicara lebih dari satu bahasa. Tanpa perlu usaha ekstra, mereka dapat dengan lancar berbicara bahasa asing.

Hal ini mungkin akhirnya membuat kita bertanya-tanya mengapa anak kecil dapat dengan mudah menguasai bahasa sedangkan saat dewasa kita menemukan banyak sekali kesulitan, bahkan ketika kita telah meluangkan waktu dan tenaga bahkan biaya untuk mempelajarinya?

Dilansir oleh TrenAsia dari laman website resmi Scientific American pada Senin, (22/5/2023), penelitian menemukan bahwa bayi memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membedakan semua suara dalam semua bahasa dan mengingatnya dengan cepat. Tetapi di usia enam hingga 12 bulan, mereka mulai terbiasa dengan suara bahasa ibu mereka. Lalu mereka menjadi ahli dalam bahasa mereka sendiri, dan seiring bertambahnya usia mereka kehilangan kemampuan untuk membedakan suara dan mengingat tersebut. Contohnya adalah orang dewasa Jepang yang kesulitan membedakan bunyi 'L' dan 'R'.

Lalu apakah kita bisa menggunakan hasil penelitian ini untuk lebih efektif dalam belajar bahasa? Jika bisa bagaimana caranya?

Tentu saja bisa, caranya adalah dengan mengulang atau melatih bunyi yang menurut Anda asing yang sulit terlebih dahulu alih-alih fokus menguasai tata bahasa dan terus menambah kosa kata baru.

Luangkan lebih banyak waktu untuk sesi berlatih "listening" atau mendengarkan. Pelajari aksen dan suara yang berbeda untuk bisa menguasai bahasa asing dengan lebih cepat. Anda dapat mempelajari ini dari menonton film berbahasa asing, mendengarkan podcast, menonton video YouTube, atau melalui musik.

Mendengarkan bagaimana penutur asli bebicara akan melatih otak Anda dan membantu Anda mentransfer pengetahuan itu ke dalam kehidupan sehari-hari.