Cara Auto Scroll di TikTok Agar Anda Tidak Perlu Scrolling Secara Manual
Tekno

Cara Cek dan Mengatasi Shadowban di TikTok

  • Inilah beberapa cara cek apakah Anda terkena shadowban di TikTok dan cara mengatasinya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - TikTok adalah salah satu media sosial yang digemari banyak orang. Hal ini karena TikTok memudahkan siapapun untuk menjadi viral dan terkenal lewat algoritma dan fitur FYP. 

Meski begitu, tetap ada kekhawatiran mengenai kebijakan TikTok terutama soal shadowban. Ternyata, tidak hanya di Twitter, TikTok juga dapat memberlakukan larangan tidak resmi ini di mana engagement konten akun Anda akan menjadi sangat berkurang.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek apakah akun tikTok Anda terkena shadowban dan cara mengatasinya.

Cara Cek Shadowban pada Akun TikTok Anda

Cara Cek Shadowban pada Akun TikTok Anda

Jika akun TikTok Anda terkena shadowban, maka Anda akan mengalami penurunan engagement secara tiba-tiba. Dengan demikian, likes, view, dan angka share video menjadi menurun.

Kemudian selanjutnya, Anda mungkin tidak lagi terkena shadowban. Sayangnya, Anda mungkin kehilangan audiens secara alami.

Jika Anda telah terkena shadowban, itu tidak berarti Anda sudah dilarang atau diblokir secara permanen. Shadowban hanya bersifat sementara.

Shadowban sendiri sebetulnya bukanlah konsep baru di ruang media sosial. Platform lain juga telah diketahui melakukan hal yang sama, meskipun biasanya itu bukan sesuatu yang selalu dapat ditunjukkan oleh pengguna secara langsung.

Untuk TikTok, hal yang sama juga dapat berlaku. Ada kemungkinan hilangnya popularitas Anda terkait karena adanya shadowban, tetapi bisa juga karena penurunan kualitas konten Anda dibandingkan dengan kreator lainnya. Tapi salah satu tanda Anda terkena shadowban adalah ketika konten Anda tidak lagi muncul di feeds For You atau FYP.

Cara Mengatasi Shadowban di TikTok

Cara Mengatasi Shadowban di TikTok

1. Uninstal dan instal ulang TikTok

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus video terbaru Anda di TikTok. Jika tidak berhasil, cobalah uninstal TikTok lalu instal ulang aplikasi TikTok Anda.

Jika Anda yakin konten video Anda tidak melanggar pedoman atau aturan TikTok, Anda bisa posting ulang videonya.

2. Beralih ke akun TikTok bisnis

Mirip dengan Instagram, TikTok memberikan pengguna cara untuk memeriksa analitik akun TikTok. Anda bisa mencoba memantau seberapa jauh peningkatan atau penurunan engagement Anda di TikTok. Dengan akun bisnis, Anda bisa mengetahui cara memperluas audiens Anda.

Hindari posting konten yang melanggar pedoman komunitas

Memproduksi atau upload video yang melanggar pedoman komunitas TikTok dapat memperpanjang shadowban atau bahkan membuat akun Anda diblokir secara permanen. 

3. Hindari spam di TikTok

Anda mungkin berpikir tidak ada salahnya untuk meningkatkan followers dengan mengikuti banyak orang di TikTok dalam waktu singkat. Ternyata, perilaku spam ini sebenarnya bisa membuat Anda terkena shadowban di TikTok.

Itu tadi beberapa cara cek apakah Anda terkena shadowban di TikTok dan cara mengatasinya.