Cara Cek Foto Palsu Agar Tidak Mudah Terkena Hoax
Tekno

Cara Cek Foto Palsu Agar Tidak Mudah Terkena Penipuan dan Hoax

  • Salah satu cara terbaik menghindari hoax adalah dengan melakukan verifikasi ketika menerima suatu foto atau berita. Berikut beberapa cara mengecek atau memeriksa foto palsu agar tidak mudah terkena hoax atau penipuan.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘foto palsu’ atau ‘berita palsu' yang sering disebut hoax. Foto dan berita palsu memang diketahui telah digunakan untuk menyembunyikan kebenaran dari orang-orang dan memanipulasi perasaan pembacanya.

Lalu, bagaimana cara agar kita tidak jatuh ke dalam perangkap foto palsu atau berita palsu? Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan verifikasi ketika menerima suatu foto atau berita. Berikut beberapa cara mengecek atau memeriksa foto palsu agar tidak mudah terkena hoax atau penipuan.

Menggunakan Aplikasi Google Lens

Caranya, bukalah aplikasi Google Lens yang ada di smartphone Anda. Arahkan kamera ke foto yang akan Anda cari tahu kebenarannya atau unggah foto dari galeri. Kemudian, Google Lens akan memberikan hasil pencarian berupa foto tersebut dan sumber aslinya.

Menggunakan Fitur Reverse Image di Google

Caranya, buka situs images.google.com menggunakan laptop, lalu klik ikon kamera di kolom pencarian. Klik ‘Upload an image’ danpilih foto dari galeri Anda. Google kemudian akan menampilkan gambar yang serupa dengan foto yang Anda cari.

Menambah Ekstensi Browser

Pertama, install ekstensi RevEye melalui Chrome Web Store. Klik add to chrome, lalu klik add extension.

Jika ekstensi browser sudah terpasang, klik kanan pada gambar yang ingin dicari pada situs web. Klik ‘Reverse Image Search’. kemudian secara otomatis tab situs pencarian akan menampilkan gambar yang terkait dengan foto yang Anda cari.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kebenaran berita atau foto yang Anda terima. Selamat mencoba.