MyIdScore
Fintech

Cara Cek Kredit Skor Lewat Aplikasi MyIdScore

  • MyIdScore Mobile merupakan aplikasi pengecekan skor kredit selain SLIK OJK dengan update data terkini.
Fintech
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Selain menggunakan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), masyarakat juga memiliki opsi untuk melakukan pengecekan skor kredit melalui aplikasi MyIdScore Mobile yang diterbitkan oleh biro kredit IdScore. 

Dengan aplikasi MyIdScore Mobile, masyarakat dapat mengevaluasi skor kredit, mengakses data riwayat kredit, memantau kredit yang sedang berlangsung, dan memastikan bahwa data mereka tetap akurat dan terkini.

Direktur Utama IdScore, Yohanes Arts Abimanyu, menjelaskan bahwa informasi yang tersedia di aplikasi ini dapat berfungsi sebagai indikator awal untuk pengajuan kredit dan membantu mencegah penyalahgunaan data identitas atau tindakan penipuan.

Menurutnya, hal ini lebih penting lagi karena data yang terdapat di MyIdScore tidak hanya bersumber dari SLIK OJK, melainkan juga dari perusahaan pembiayaan lainnya. Sehingga Riwayat pengkreditan dapat terlacak dengan jelas. 

“Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, aplikasi ini membantu debitur mengukur seberapa besar peluang pengajuan kredit disetujui, mencek akurasi data, dan lebih percaya diri dalam menyusun rencana keuangan," kata Yohanes dikutip dari siaran pers, Senin, 13 November 2023. 

Selain dapat mengetahui skor kredit pribadi, debitur juga memiliki kemampuan untuk memantau aktivitas pengaksesan data pribadinya oleh lembaga keuangan. Pengguna juga dapat melihat informasi tentang tunggakan dalam 24 bulan terakhir, tingkat kolektibilitas, serta rasio penggunaan fasilitas dibandingkan dengan batas limit yang dimiliki.

"Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan alternatif credit score bagi mereka yang belum memiliki riwayat data kredit, dengan memanfaatkan database layanan telekomunikasi," tambahnya.

Cara Pengecekan 

IdScore menawarkan platform bernama MyIdScore yang memungkinkan Anda untuk memeriksa riwayat kredit, skor kredit, dan mendapatkan gambaran tentang kelayakan kredit Anda. Untuk mengakses layanan ini, kunjungi situs web www.idscore.id.

Jika Anda sudah berada di halaman utama, perhatikan sudut kanan bawah di mana terdapat gambar lingkaran yang bertuliskan "Cek Skor Kredit Anda Sekarang!" Klik pada gambar tersebut, dan Anda akan diarahkan ke halaman MyIdScore. Di sana, Anda dapat memulai dengan membuat akun.

Untuk menggunakan layanan MyIdScore, lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri sesuai dengan informasi yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Informasi yang diminta meliputi nama, nomor KTP, tanggal lahir, alamat email aktif, dan nomor telepon. Selanjutnya, Anda perlu membuat kata sandi, PIN, dan mengisi kode captcha untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Perlu diketahui bahwa platform ini dimiliki oleh PEFINDO Biro Kredit, yang merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau lebih dikenal sebagai Biro Kredit Swasta. 

PEFINDO Biro Kredit didirikan atas inisiatif dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PEFINDO Biro Kredit mengumpulkan data kredit dari lembaga keuangan serta data non-kredit dari beberapa instansi publik dan lembaga yang telah bekerja sama untuk menjadi sumber data.

Pentingnya Skor Kredit

Pengecekan kredit skor di era sekarang ini menjadi sesuatu hal yang penting. Pasalnya, data kredit bisa menjadi acuan perusahaan untuk menerima karyawan atau perbankan memberikan kredit.

Belum lama ini, OJK memberikan peringatan setelah terjadi kasus penolakan lamaran kerja terhadap lima lulusan baru yang viral karena masalah kredit macet. Kejadian ini menjadi pembelajaran berharga bagi para pencari kerja baru.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, mengungkapkan bahwa insiden ini seharusnya membuat para generasi muda lebih sadar akan pentingnya tidak sembarangan mengelola utang online. 

Terutama, ia menyoroti keterkaitan buy now pay later (BNPL) dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), di mana tunggakan dapat berdampak pada skor kredit seseorang.

Menurut Kiki, panggilan akrabnya, SLIK OJK terhubung secara menyeluruh dengan BNPL, sehingga tunggakan dapat mempengaruhi skor kredit masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa SLIK OJK memiliki kemampuan untuk menampilkan riwayat kredit seseorang dengan detail. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jadi anak-anak muda tuh aware, oh iya jangan main-main utang online 'abis itu aku ganti nomor, udah gak bisa ditagih'. Nggak gitu. Karena kalau udah pake KTP semuanya tuh akan masuk semua di SLIK ya," ujarnya belum lama ini.