Ilustrasi konsumsi rumah tangga lewat belanja pakaian.
Rumah & Keluarga

Cara Hemat Belanja Pakaian Sesuai Anggaran

  • Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap hemat saat belanja pakaian. Selamat mencoba!
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hampir semua orang menyukai aktivitas belanja, termasuk berbelanja pakaian. Tidak dipungkiri, ketika kita mengunjungi suatu tempat perbelanjaan, kita tentu tergoda untuk turut melihat-lihat toko yang menjual pakaian.

Selain itu, ketika melihat media sosial dan mengetahui ada postingan baru dari brand favorit Anda, mungkin Anda akan langsung tergoda untuk segera check out barang tersebut. Namun ternyata kebiasaan tersebut jika dibiarkan terus menerus dapat membuat tabungan Anda ludes.

Oleh karena itu, simak beberapa tips untuk mengatasinya berikut ini.

Cara Belanja Pakaian dengan Hemat Sesuai Anggaran

Cara belanja pakaian dengan hemat sesuai anggaran

Berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar Anda tetap bijak saat belanja pakaian.

1. Tetapkan Anggaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan anggaran pakaian untuk bulan atau tahun tersebut. Hal ini dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda tidak belanja lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan. Jika Anda tidak menetapkan anggaran apapun, Anda tidak akan memiliki apapun yang bisa menghentikan pengeluaran Anda yang berlebihan tersebut.

2. Periksa Barang-barang Anda

Selain mengatur jumlah pengeluaran yang diinginkan, Anda juga dapat menghemat uang dengan menginventarisasi apa yang sudah Anda miliki. Lakukan hal ini bahkan sebelum Anda mulai berbelanja pakaian dengan anggaran terbatas.

Inventarisasi ini bisa Anda lakukan seperti menghitung jumlah kemeja atau atasan yang Anda miliki, celana atau rok yang sudah Anda punya, dan sebagainya. Hal ini akan membuat Anda lebih memahami mengenai berbagai barang yang sudah Anda punya sehingga Anda bisa belanja lebih sadar dan bijak.

3. Cari Voucher

Banyak dari kita yang hobi belanja online akhir-akhir ini. Anda bahkan bisa berbelanja pakaian dengan anggaran terbatas langsung dari laptop, PC, atau ponsel Anda.

Sebelum Anda membayarnya, pastikan untuk mendapatkan voucher potongan harga. Selain itu, jika Anda sempat Anda bisa menyimak beberapa live yang diselenggarakan oleh penjual yang memberikan berbagai voucher diskon yang bisa Anda manfaatkan.

4. Jual Pakaian Bekas Anda

Anda juga bisa mendapatkan tambahan uang dengan menjual pakaian bekas Anda. Pertimbangkan untuk menjual item pakaian bekas Anda di berbagai e-commerce barang bekas seperti Forum Jual Beli Facebook, Shopee, Carousell, dan sebagainya. Dengan memasarkannya secara online, Anda akan memperluas pasar sehingga pembeli yang berminat akan segera datang membeli barang yang Anda jual. Sebelum itu, pastikan Anda memotret dan memposting fotonya dengan detail sekaligus memberikan keterangan yang detail termasuk jika ada defect atau kekurangan pada produk yang Anda jual tersebut.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap hemat saat belanja pakaian. Selamat mencoba!