<p>Warga menunjukkan uang kertas rupiah baru tahun emisi 2016 usai melakukan penukaran di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (19/12). Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Cara Jadi Orang yang Mandiri Finansial, Tidak Hanya Bergantung pada Gaji!

  • Ada banyak sekali manfaat untuk menjadi orang yang mandiri finansial. Ini dia cara jadi orang yang mandiri finansial, tidak hanya bergantung pada gaji yang tinggi.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ada banyak sekali manfaat untuk menjadi orang yang mandiri finansial. Salah satu keuntungan terbesarnya dari mandiri finansial adalah Anda bisa memiliki lebih banyak pilihan.

Anda juga dapat memilih untuk tetap bekerja jika Anda menikmatinya atau memutuskan untuk bisa bersantai. Bahkan, Anda juga bisa menghemat uang untuk diteruskan ke generasi mendatang.

Menjadi mandiri secara finansial juga dapat membuat Anda lebih menikmati pekerjaan. Jika Anda tidak lagi melakukannya demi uang, Anda dapat menyusun tanggung jawab pekerjaan Anda sehingga Anda hanya melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan.

Mandiri secara finansial, juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Memiliki kemampuan untuk bekerja lebih santai akan memungkinkan Anda untuk cukup berolahraga dan istirahat. Mandiri finansial juga dapat membuat Anda memiliki lebih banyak waktu bersama pasangan dan keluarga.

Cara Menjadi Mandiri Secara Finansial:

 

Menetapkan Tujuan dengan Realistis

Metode yang dilakukan setiap orang agar dapat mandiri secara finansial mungkin akan terlihat berbeda bagi setiap orang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai mendefinisikan apa artinya mandiri secara finansial untuk Anda.

Bisa jadi mandiri finansial merupakan bebas utang pada usia 40 tahun, atau bisa pensiun saat berusia 50 tahun. Saat Anda mengetahui tujuan Anda, Anda bisa berkonsultasi seperti dengan penasihat keuangan untuk menguji apakah tujuan Anda tersebut bisa tercapai dengan melihat kondisi keuangan Anda. Anda juga mungkin dapat mengubah visi atau tujuan berdasarkan situasi keuangan dan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mencapai impian Anda.

Setelah Anda mengasah beberapa tujuan jangka panjang yang spesifik dan dapat dicapai, Anda dapat mulai mencari tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya, seperti memotong pengeluaran, meningkatkan pendapatan, dan/atau menabung dan berinvestasi lebih dari Anda saat ini setiap bulan.

Membuat Anggaran

Tidak peduli berapa banyaknya pendapatan Anda, salah satu kunci untuk mencapai kebebasan finansial adalah membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat anggaran. 

Penganggaran adalah proses mengukur pendapatan, mengurangi pengeluaran, dan memutuskan bagaimana uang yang Anda miliki dapat digunakan untuk mencapai tujuan Anda. Kemampuan penganggaran yang bagus sering sangat esensial dalam mencapai kemandirian finansial.

Gaji Tinggi Bukan Segalanya 

Banyak orang memiliki kecenderungan untuk terpaku pada berapa banyak uang yang mereka hasilkan. Mungkin pendapatan bulanan yang tinggi atau banyak akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan aset. Akan tetapi, salah satu kunci agar Anda bisa meningkatkan kekayaan bersih adalah dengan membelanjakan lebih sedikit daripada yang bisa Anda hasilkan.

Memiliki Dana Darurat Khusus

Mencapai kemandirian finansial juga berarti memikirkan keamanan finansial. Memiliki dana darurat khusus yang dapat membantu Anda menghadapi keadaan darurat kesehatan atau pengeluaran besar lainnya yang tidak terduga.

Jika Anda belum memulai rekening tabungan darurat, pertimbangkan apakah Anda mampu membayar perbaikan mobil mendadak atau jika Anda perlu mendapatkan prosedur tindakan perawatan gigi yang tidak terduga.

Menjadi Investor yang Cerdas

Menjadi investor yang cerdas adalah langkah kunci lain yang dapat Anda ambil dalam perjalanan menuju kemandirian finansial. Dunia investasi bisa membingungkan dan mengandung risiko, tetapi juga berpotensi menguntungkan. Hal ini karena Anda memperoleh bunga tidak hanya dari kontribusi Anda, tetapi juga dari akumulasi bunga, jumlah kecil dapat bertambah seiring waktu.

Melunasi Utang

Jika saat ini Anda memiliki utang, pertimbangkan untuk memasukkan rencana pengurangan utang ke dalam anggaran yang Anda buat dan hitung bagaimana Anda perlu mengubah kebiasaan pengeluaran Anda saat ini agar Anda bisa segera bebas dari utang. Anda bisa mulai melunasi utang dengan bunga tertinggi lebih dahulu.