Ilustrasi konsultasi melalui telepon
Rumah & Keluarga

Cara Konsultasi Gratis dengan Psikolog Profesional Melalui Hotline SEJIWA

  • Jangan ragu untuk menggunakan layanan ini jika Anda membutuhkan bantuan atau sekadar ingin berbicara dengan psikolog profesional tentang masalah yang sedang Anda hadapi. Kesehatan mental adalah hal yang penting, dan SEJIWA siap membantu Anda melaluinya.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, terkadang kita merasa tertekan, sedih, atau cemas. Untuk membantu masyarakat Indonesia mengatasi masalah kesehatan mental, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) telah meluncurkan layanan psikologi nasional yang disebut SEJIWA, dengan dukungan dari Kantor Staf Presiden RI.

SEJIWA merupakan layanan Dukungan Psikologis Awal (DPA) yang tersedia untuk semua orang di Indonesia . Layanan ini dapat diakses secara gratis dengan menekan 119 ext. 8. 

Sebelum menggunakan layanan ini, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan sebaiknya menggunakan layanan konsultasi dengan psikolog ini?

Kapan Harus Menghubungi Psikolog?

Dikutip TrenAsia.com dari laman instagram resmi HIMPSI @himpsipusat berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa menunjukkan kalau Anda sudah perlu pergi ke psikolog. 

1. Gangguan Emosional

   - Merasa sedih, cemas, atau marah secara berlebihan dan terus-menerus.

   - Kesulitan mengendalikan emosi.

   - Merasa hampa atau kehilangan semangat.

   - Pikiran negatif yang mengganggu keseharian.

Baca Juga: Kenapa Anak Muda Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental? Ini Penjelasan Sosiolog UGM

2. Gangguan Perilaku

   - Menghindari interaksi sosial.

   - Kesulitan berkonsentrasi atau fokus.

   - Melakukan tindakan menyakiti diri sendiri.

   - Terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol.

3. Gangguan Fisik

   - Munculnya gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan secara medis.

   - Gangguan tidur atau perubahan pola tidur.

   - Perubahan signifikan dalam nafsu makan dan berat badan.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera hubungi layanan SEJIWA untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi dari psikolog profesional.

 Cara Menggunakan Layanan SEJIWA:

- Hubungi nomor 119 dan tekan ext. 8.

- Layanan tersedia setiap hari dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB.

- Durasi konsultasi adalah 30 menit per sesi.

- Layanan ini telah didukung oleh lebih dari 300 psikolog dan praktisi psikologi yang siap membantu. 

- Layanan bisa diakses bebas pulsa dan gratis untuk semua jaringan operator.

Testimoni Pengguna

Beberapa pemilik akun instagram yang juga telah menggunakan layanan ini turut berbagi pengalaman mereka melalui kolom komentar di akun HIMPSI. Contohnya adalah akun @yulin*aash**** yang merasa layanan konsultasi psikolog gratis yang sangat membantu, sementara pengguna lain dengan akun @A*un*a676* mengonfirmasi bahwa layanan ini memang benar-benar gratis.

“Ma Syaa Allah baru tahu kalau ada layanan konsultasi psikolog gratis, sangat membantu, barakallahu fiik,” tulis @yulin*aash****.

“Beneran gratis” terang @A*un*a676*.

Dengan SEJIWA, Himpunan Psikologi Indonesia dan Kantor Staf Presiden RI berkomitmen untuk menyediakan dukungan kesehatan mental yang mudah diakses dan gratis bagi semua masyarakat Indonesia. 

Jangan ragu untuk menggunakan layanan ini jika Anda membutuhkan bantuan atau sekadar ingin berbicara dengan psikolog profesional tentang masalah yang sedang Anda hadapi. Kesehatan mental adalah hal yang penting, dan SEJIWA siap membantu Anda melaluinya.