Photo by Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/photo/microgreens-on-white-table-8543138/
Gaya Hidup

Cara Lain Makan Sayur: Microgreens, Si Mungil dengan Kandungan Nutrisi 20 Kali Lebih Padat

  • Microgreens adalah sayuran yang tumbuh dari biji dan dipanen pada tahap pembibitan
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA – Microgreens adalah sayuran yang tumbuh dari biji dan dipanen pada tahap pembibitan yaitu sekitar usia 7 hingga 21 setelah mulai muncul daun muda dan sebelum daun aslinya berkembang. Meski kecil, tanaman ini memiliki rasa yang kuat dan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Rasa microgreens tergantung dengan jenis apa sayuran tersebut. Contohnya microgreens brokoli memiliki seperti brokoli, hanya saja rasanya sedikit lebih kuat jika dibandingkan dengan sayur brokoli dewasa. Kucai dalam bentuk microgreen rasanya sedikit lebih pedas dari kucai dewasa.

Microgreen mudah ditemukan di pasaran atau kita dapat menanamnya sendiri dengan mudah di rumah seperti microgreen kemangi, seledri,daun ketumbar, bayam,kangkung, paterseli dan lain lain.

Meski bentuknya yang kecil, Anda tidak boleh meremehkan kandungan vitamin pada microgreen. Microgreens dikenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan bahkan memiliki empat hingga 20 kali lebih padat nutrisi dibandingkan tanaman dewasa.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menanam microgreens. Cara paling populer dan termudah adalah dengan menanamnya di dalam ruangan.

Pertama siapkan media tanam untuk microgreen bisa berupa tanah yang telah terjaga kelembabannya. Selanjutnya letakkan tanah tersebut ke baki dengan lubang hingga kedalaman sekitar satu setengah inci. Tepuk-tepuk tanah dengan lembut.

Setelahnya, taburkan benih secara bebas di atas tanah. Karena microgreens dipanen saat tanaman masih kecil, Anda dapat menabur benih dengan rapat dan tanpa jarak. Setelahnya tutupi lagi dengan media tanam tanah yang tipis agar kelembaban benih tetap terjaga dan benih tidak menjadi kering.

Beberapa benih yang berukuran besar, seperti bunga matahari dan kacang polong perlu direndam semalaman dan dibilas terlebih dahulu sebelum ditanam. Hal ini untuk mempercepat proses pemecahan benih dan membuatnya berkecambah.

Selain itu, beberapa benih berukuran besar tidak perlu ditutup dengan lapisan tanah, cukup tepukkan saja ke dalam tanah sehingga mereka dapat menyerap cukup air untuk berkecambah.

Microgreens dapat dipanen hingga 3 kali panen. Walau begitu rasa dari panenan ketiga mungkin tidak sekuat rasa microgreen di panenan pertama dan kedua.

Selain difungsikan untuk tanaman hias, microgreens juga bisa untuk dimakan mentah dan dimasak. Anda juga dapat mengolah microgreens menjadi jus. Microgreens brokoli dan rumput gandum diyakini sebagai bahan jus microgreens terbaik.