<p>Inilah cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melindungi anak-anak agar terhindar dari COVID-19/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Melindungi Anak-anak Agar Terhindar dari COVID-19

  • Inilah cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melindungi anak-anak agar terhindar dari COVID-19

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pandemi yang diakibatkan karena merebaknya COVID-19 membuat banyak orang cemas dan khawatir. Pasalnya, kasus positif COVID-19 kini masih terus naik.

Bahkan, kini juga banyak kasus positif COVID-19 yang dialami oleh anak-anak. Padahal, bayi dan balita dianjurkan tidak memakai masker.

Hal ini disebabkan karena bayi dan balita di bawah 2 tahun memiliki saluran udara yang lebih kecil, jadi bernapas melalui masker tentu menyulitkan mereka.

Tak hanya itu, beberapa masker memiliki bagian yang bisa membuat bayi tersedak seperti tali atau karet gelangnya. Bayi dan balita kemungkinan juga berusaha untuk melepas masker, yang dapat menyebabkan mereka sering menyentuh wajah sehingga risiko tertular dan menyebarkan virus makin tinggi.

Anda bisa melindungi anak-anak dan balita dari COVID-19 dengan menghindari berada di keramaian dan menjaga jarak aman dari orang lain saat keluar rumah.

Anda juga dapat melakukan hal sebagai berikut, seperti yang telah dilansir dari laman KidsHealth.

  • Hindari orang yang sedang sakit.
  • Cuci tangan Anda dengan baik dan sering, dan ajari orang lain di rumah Anda untuk melakukan hal yang sama. Hal ini penting dilakukan apalagi ketika Anda kembali ke rumah setelah bepergian dari luar, sebelum menangani anak Anda, serta sebelum menyusui atau menyiapkan botol atau makanan
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh orang (seperti gagang pintu, meja, dan ponsel).
  • Cobalah untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Jika bersin atau batuk gunakan tisu atau siku Anda, bukan tangan Anda.
  • Pakailah masker di rumah jika Anda sedang sakit. Cobalah untuk membatasi kontak dengan anak sampai gejala Anda berhenti.
  • Jika Anda membawa anak keluar dengan menggunakan gendongan bayi, Anda dapat meletakkan selimut di atas gendongan saat bayi berada dalam pandangan Anda. Pastikan selimut tidak menyentuh bayi. Serta bersihkan gendongan atau kereta dorong saat Anda tiba di rumah.