<p>Cara membersihkan dan mendisinfeksi rumah untuk cegah virus berbahaya/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi Rumah untuk Cegah Virus Berbahaya

  • Cara membersihkan dan mendisinfeksi rumah untuk cegah virus berbahaya

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Membersihkan rumah secara teratur dapat mengurangi jumlah bakteri di permukaan dan mengurangi timbulnya infeksi akibat virus. Disinfektan diketahui dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 di rumah.

Berikut cara membersihkan dan mendisinfeksi rumah untuk cegah virus berbahaya seperti COVID-19.

Pertama, ikuti petunjuk melakukan disinfeksi yang terdapat pada label produk disinfektan. Label pada umumnya terdapat produk disinfektan berisi petunjuk tentang cara menggunakan produk dan petunjuk khusus untuk menjaga Anda tetap aman. Jauhkan disinfektan dari jangkauan anak-anak. Banyak produk merekomendasikan agar permukaan tetap basah dengan disinfektan untuk jangka waktu tertentu.

Bersihkan permukaan yang terlihat kotor dengan pembersih rumah tangga yang mengandung sabun atau deterjen sebelum mendisinfeksi jika produk disinfektan Anda tidak memiliki bahan pembersih (periksa label untuk memverifikasi).

Kenakan sarung tangan saat melakukan proses pembersihan.
Anda bisa menggunakan alat pelindung diri (APD) tambahan (misalnya, pelindung mata) yang mungkin diperlukan berdasarkan produk pembersih atau disinfeksi yang digunakan dan apakah ada risiko percikan.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Pastikan untuk segera mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.

Pastikan untuk menjaga ventilasi udara di rumah Anda tetap memadai ketika melakukan disinfeksi ruangan.