<p>Ilustrasi cara membersihkan peralatan stainless steel di dapur/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Membersihkan Noda pada Peralatan Stainless Steel di Dapur

  • Inilah cara membersihkan peralatan stainless steel di dapur

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Beberapa peralatan di dapur tentu banyak yang menggunakan bahan stainless steel. Peralatan yang berbahan stainlees steel memang membuatnya jadi tahan karat serta terlihat modern dan ramping.

Meski begitu, ternyata peralatan stainless steel juga gampang kotor, baik itu terkena sidik jari, kotoran atau noda air. Namun, jangan khawatir. Berikut cara membersihkan peralatan stainless steel yang bisa bikin peralatan dapur berkilau sekaligus mendisinfeksinya.

Dikutip dari Hunker, Anda perlu mempersiapkan bahan dan benda yaitu air suling, alkohol 70%, corong dan botol semprot. Setelah itu, Anda cukup menakar dan menuangkan air dan alkohol ke dalam botol semprot dengan rasio 1:1.

Alkohol diketahui dapat membuat stainless steel mengilap karena cepat menguap tanpa meninggalkan residu. Semprotan ini juga membantu mencegah peralatan stainless steel Anda mudah kotor dan penuh dengan sidik jari.

Untuk menggunakannya, semprotkan campuran tersebut ke stainless steel dan lap menggunakan kain lembut.

Karena alkohol bersifat antiseptik, Anda akan sekaligus mendisinfeksi permukaan dapur saat Anda membersihkan peralatan stainless steel. Namun perlu diingat, jangan membersihkan stainless steel atau baja tahan karat menggunakan pembersih atau spons abrasif, karena dapat membuat goresan yang permanen.