<p>Inilah cara yang harus dilakukan untuk membersihkan ruangan setelah terpapar COVID-19/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Membuang Sampah dari Pasien COVID-19 yang Sedang Isolasi Mandiri

  • Inilah cara yang dapat dilakukan untuk membuang sampah dari pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pandemi COVID-19 tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Bahkan, pada Rabu 14 Juli 2021 lalu, kasus positif COVID-19 di Indonesia melonjak hingga 54.517 kasus.

Hal ini tentu membuat rumah sakit dan tenaga kesehatan kewalahan, serta banyak orang yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

Akan tetapi, hal tersebut tentu menimbulkan pertanyaan, salah satunya adalah bagaimana cara mengatur dan membuang sampah yang berasal dari pasien COVID-19 yang harus isolasi mandiri di rumah.

Berikut caranya, menurut buku panduan yang dibuat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Limbah infeksius dari pasien COVID-19 yang ada di rumah biasanya meliputi bekas alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, serta sisa makanan dan sebagainya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuang dan mengelolah sampah jenis tersebut.

Untuk APD, sarung tangan, dan masker, dibalik setelah dipakai, lalu dirusak dengan cara digunting, kemudian dilipat. Semprot dengan desinfektan lalu masukkan dalam kantung sampah dan tutup rapat.

Untuk limbah sisa makanan, sebaiknya masukkan sisa makanan atau kemasan makanan ke dalam plastik khusus, lalu masukkan ke dalam tempat sampah dan tutup dengan rapat.

Untuk Anda yang harus mengelola sampah dari pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri, maka sebaiknya harus tetap mengenakan masker dan sarung tangan. Setelah itu, segeralah mencuci tangan menggunakan sabun, dan mandi setelahnya.

Limbah dari pasien COVID-19 tersebut juga tidak diperbolehkan dicampur dengan limbah rumah tangga lainnya. Jangan lupa untuk menyemprot desinfektan pada sampah tersebut sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir.