Trik Rahasia Cara Melihat Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan
Tekno

Cara Membuat Akun WhatsApp Seolah Tidak Aktif untuk Cegah Kejahatan

  • Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun WhatsApp menjadi seolah tidak aktif.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi perpesanan populer yang digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan WhatsApp, Anda dengan mudah bisa membagikan pesan teks, gambar, video, gif, bahkan file dokumen.

Selain itu, WhatsApp juga memudahkan Anda untuk melakukan video call bahkan bisa video call lebih dari 2 akun dalam satu waktu sekaligus. WhatsApp juga memberikan berbagai fitur sepertifoto profil, serta status yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk menceritakan ceritanya, membagikan suatu konten, dan sebagainya.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan WhatsApp. Jika Anda tidak cermat untuk mengatur pengaturan privasi Anda, bisa jadi akun WhatsApp Anda rentan terkena modus kejahatan yang suka mencari informasi tentang diri Anda.

Oleh karena itu, untuk mencegah ancaman ke akun pribadi Anda, Anda bisa membuat akun WhatsApp seolah-olah tidak aktif. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menghindari kejahatan yang dilakukan oleh orang yang menyimpan nomor WhatsApp Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun WhatsApp seolah tidak aktif.

1. Sembunyikan Foto Profil

Foto profil Anda bisa diatur agar tidak semua orang bisa melihatnya. Anda bisa mengaturnya agar yang hanya bisa melihat foto profil Anda adalah nomor yang ada di kontak smartphone. Untuk mengaturnya, bukalah menu 'Pengaturan', klik 'Akun', klik 'Privasi', lalu klik foto. Pilih settingan 'Foto Profil', klik 'My Contact'.

2. Sembunyikan Centang Biru

Dengan menonaktifkan fitur ini, Anda tidak akan ketahuan jika baru saja membaca chat yang baru saja Anda terima. Oleh karena itu, si pengirim pesan bisa saja mengira bahwa Anda tidak atau membuka pesan tersebut.

3. Sembunyikan Last Seen

Anda perlu menyembunyikan status Last Seen agar tidak terlihat kapan terakhir kali Anda online. Dengan begitu, orang-orang tidak akan tahu apakah Anda sedang online atau tidak, bahkan mereka mungkin juga tidak menyadari akun Anda aktif atau tidak. Caranya yaitu dengan masuk ke 'Pengaturan', klik 'Akun', klik 'Privasi', klik 'Info', kemudian pilih Last Seen agar Anda bisa menyembunyikan.