Cara Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Berpenghasilan Tunggal
Gaya Hidup

Cara Mempertahankan Resolusi Keuangan di Tahun Baru Agar Tabungan Makin Meningkat

  • Inilah beberapa cara mempertahankan resolusi keuangan tahun baru agar tujuan keuangan Anda semakin cepat tercapai.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tahun baru 2023 tinggal menghitung hari. Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang di tahun baru adalah dengan membuat resolusi, termasuk resolusi keuangan. 

Meski begitu, terkadang resolusi ini tidak bertahan lama yang membuat Anda kesulitan untuk mencapai tujuan seperti meningkatkan tabungan. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini untuk mempertahankan resolusi keuangan Anda.

Cara Mempertahankan Resolusi Keuangan di Tahun Baru 

1. Jangan Menetapkan Tujuan yang Tidak Realistis

Saat membuat resolusi keuangan di tahun baru, biasanya orang-orang menetapkan tujuan yang tampak tidak realistis. Hal ini bisa jadi menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menyerah pada resolusi-resolusi terlalu besar dan terlalu ambisius. Anda perlu menyadari bahwa untuk mencapai tujuan seperti menghemat sejumlah uang, hal itu tidak akan terjadi dalam semalam.

2. Melihat Uang Anda Tumbuh

Dengan banyaknya orang yang mengelola uang secara digital, uang yang ada di rekening tabungan terkadang tampak sedikit tidak terlihat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda selalu memeriksa keuangan Anda sekali dalam setiap bulan untuk mengetahui kondisi pertumbuhan keuangan Anda.

3. Menahan Diri

Anda perlu memperkuat diri apalagi ketika ingin membelanjakan barang-barang yang tidak dibutuhkan.

4. Cobalah untuk Merencanakan Pembelian

Dengan adanya kenaikan harga, mungkin akan sulit bagi Anda untuk mengendalikan pengeluaran. Anda bisa mencoba merencanakan pembelian jauh-jauh hari sebelum berbelanja. 

5. Pertimbangkan Apakah Pembelian Anda Memberikan Nilai untuk Jangka Panjang

Jika Anda sudah merencanakan pembelian dengan matang, sebaiknya tetap berpikir apakah barang Anda bisa terus dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan apakah pembelian tersebut benar-benar layak dilakukan.

6. Ciptakan Waktu untuk Berpikir

Penawaran khusus dan diskon terkadang membuat pembeli merasa harus bertindak cepat dengan segera melakukan pembelian saat itu juga. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mencoba memberikan waktu untuk berpikir apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut.

7. Pertimbangkan Diri Anda di Masa Depan

Kadang-kadang ketika kita memutuskan untuk tidak melakukan pembelian impulsif, kita akan merasa ketinggalan. Akan tetapi, pikiran seperti ini bisa dibalik, pilihan Anda saat ini mungkin juga akan memberi dampak yang baik untuk Anda di masa depan, seperti tabungan dan dana darurat yang makin meningkat karena pengeluaran tetap mampu Anda kontrol.

Itu tadi beberapa cara mempertahankan resolusi keuangan tahun baru agar tujuan keuangan Anda semakin cepat tercapai. Selamat mencoba.