<p>Ilustrasi cara mencegah keinginan makan berlebihan agar terhindar dari gangguan pencernaan saat Hari Raya Idulfitri lebaran/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Mencegah Keinginan Makan Berlebihan Agar Terhindar dari Gangguan Pencernaan Saat Lebaran Hari Raya Idulfitri

  • Cara mencegah keinginan makan berlebihan dan gangguan pecernaan saat lebaran hari raya Idulfitri

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA – Hari ini, umat muslim terutama yang berada di Indonesia merayakan momen kemenangan di Hari Raya Idulfitri. Pada momen lebaran seperti ini, tak jarang banyak orang membuat berbagai masakan serta menyajikan aneka ragam kue kering untuk dimakan bersama keluarga.

Dengan banyaknya makanan di meja makan, tentu Anda menjadi tergoda untuk menyantapnya secara terus menerus, apalagi sekarang kondisinya sudah tidak puasa. Meski begitu, makan berlebihan saat lebaran Hari Raya Idulfitri justru tidak baik untuk kesehatan.

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan, hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta sesak napas yang disebabkan karena perut menekan diafragma.

Untuk mencegah hal tersebut, simak tips yang sudah dirangkum dari laman Boldsky berikut ini untuk menghindari Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan saat lebaran Hari Raya Idulfitri.

  1. Mulailah Makan dengan Salad
    Makan salad tidak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat perut Anda tetap kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda untuk makan secara berlebihan saat lebaran Hari Raya Idulfitri. Selain itu, mengonsumsi salad atau sayuran juga membantu meningkatkan metabolisme dan membuat sistem pencernaan Anda tetap aktif.
  2. Hindari Makan Makanan Berminyak
    Makanan berminyak dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berminyak ketika tubuh dan sistem pencernaan Anda sedang lemah. Terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak juga dapat merusak selaput perut, terutama pada kondisi rawan setelah 30 hari berpuasa.
  3. Jangan Berlebihan Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi
    Terlalu banyak garam membuat tekanan darah menjadi naik dan dapat merusak jantung Anda, apalagi setelah sebulan Anda terbiasa berpuasa dan minim konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Tips ini juga sangat penting untuk diikuti oleh orang-orang dengan kondisi jantung.
  4. Makan dengan Nutrisi Seimbang
    Memasukkan proporsi karbohidrat, protein, dan sayuran yang seimbang adalah penting. Idealnya piring Anda harus diisi dengan setengah porsi sayuran, seperempat porsi protein, dan seperempat porsi karbohidrat. Saat Anda memilih karbohidrat, cobalah mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, kacang-kacangan, dan sebagainya. Meski rasanya enak, mengurangi lemak dari ikan dan daging sangat bermanfaat untuk menghindari gangguan pencernaan saat Lebaran.
  5. Hindari Makan Secara Berlebihan
    Tetaplah mengontrol pola serta menu makan Anda setelah lebaran. Hal in sangat berguna untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan. Sederhananya, jika tidak banyak makanan yang harus dicerna, maka kemungkinan gangguan pencernaan juga semakin kecil.