laptop, foto
Tekno

Cara Mendeteksi Foto Palsu yang Dibuat AI Generatif

  • Foto palsu yang dibuat oleh teknologi AI semakin tampak meyakinkan. Akan tetapi, saat ini masih ada cara mendeteksi atau mengidentifikasi foto palsu yang dibuat AI generatif.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat ini teknologi kecerdasan buatan semakin marak digunakan. Bahkan, chatbot berteknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT juga turut digunakan oleh banyak orang untuk membantu kegiatan sehari-hari termasuk bekerja. Namun, ada kekhawatiran sendiri terhadap teknologi ini salah satunya yaitu munculnya foto palsu yang dibuat AI generatif.

Saat ini, foto palsu yang dibuat oleh teknologi AI semakin tampak meyakinkan. Akan tetapi, saat ini masih mungkin untuk mendeteksi atau mengidentifikasi foto palsu yang dibuat AI generatif.

Ada trik mendeteksi foto palsu yang dibuat AI generatif yang perlu Anda ketahui. Hal ini karena secanggih apapun teknologi atau platform dengan kecerdasan buatan, masih melewatkan beberapa detail pada foto.

Cara Mengidentifikasi Foto Palsu Buatan AI Generatif

Cara mengidentifikasi foto palsu buatan AI generatif

Berikut beberapa cara cerdas mendeteksi gambar atau foto yang dibuat menggunakan teknologi AI generatif.

Meski kemajuan alat AI semakin pesat, alat tersebut masih belum dapat melakukan pekerjaan secara mendetail pada bagian tubuh tertentu. Anda juga bisa mendeteksi apakah suatu foto dibuat dari AI generatif dengan melihat mata yang muncul di foto.

Teknologi kecerdasan buatan masih belum dapat merekayasa foto mata dengan tepat, terutama jika gambar tersebut menampilkan lebih dari satu orang. Selain itu, warna kulit yang ditampilkan cenderung tidak alami dan waja dengan fitur yang buram menjadi indikasi kuat bahwa gambar tersebut palsu.

Akan tetapi, yang dikhawatirkan oleh para ahli bukanlah fakta bahwa manusia bisa memanfaatkan teknologi AI untuk memanipulasi suatu gambar, namun kecepatan inovasi teknologi dan potensi penyalahgunaannya.

Selain itu, ada petunjuk lain untuk mendeteksi apakah sebuah gambar itu asli atau palsu buatan AI. Anda bisa mencoba memperhatikan beberapa elemen, seperti background yang sangat kabur, teks yang tidak dapat dipahami di latar belakang, wajah tampak kurang simetri, ada bagian dari foto yang terlihat dicat ulang, serta benda yang tampak menyatu dengan kulit.

Secara singkat, tipsnya adalah dengan memeriksa ketidakkonsistenan yang terlihat pada sebuah foto atau gambar. Selain yang sudah disebutkan di atas, detail tubuh atau potongan rambut tampaknya juga sering berwarna lebih buram.

Cara Menggunakan Google untuk Mendeteksi Foto Palsu Buatan AI Generatif

Cara mengidentifikasi foto palsu buatan AI generatif dengan menggunakan Google

Trik lain agar Anda tidak terjebak menyebarkan konten foto hasil manipulasi AI generatif adalah dengan melakukan reverse search di Google. Dalam jenis pencarian ini, Anda menggunakan Google untuk mencari foto yang berhubungan dengan gambar yang sudah ada.

Dengan melakukan metode ini, Anda dapat memeriksa apakah gambar yang Anda sedang selidiki memiliki referensi dari situs resmi dan terpercaya. Namun, tetaplah untuk waspada karena AI memiliki akses database yang luas.

Itu tadi cara mendeteksi foto palsu buatan AI generatif yang perlu Anda ketahui.