<p>Ilustrasi cara mengatasi kulit kering saat puasa/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Mengatasi Kulit Kering yang Sering Terjadi Saat Puasa

  • Inilah cara untuk mengatasi kulit kering yang sering terjadi saat puasa

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, Anda tentu tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun sejak selesai imsak hingga menjelang berbuka puasa. Hal ini bisa membuat tubuh dehidrasi jika Anda kekurangan cairan dan nutrisi.

Lebih lanjut, kekurangan nutrisi dan cairan juga akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam ketika berpuasa. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terhindar dari masalah kulit kering perlu memperhatikan berbagai aspek.

Berikut cara mengatasi kulit kering dan kusam saat puasa, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Penuhi Asupan Cairan
Saat menjalankan ibadah puasa, banyak yang tidak fokus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini bisa berdampak pada kulit yaitu menjadi kering dan kusam.

Hindari Makanan Gorengan
Makanan gorengan memang kerap disajikan sebagai makanan saat berbuka puasa. Tetapi, makanan gorengan justru tidak baik untuk kondisi kulit Anda. Produksi lemak yang dihasilkan saat proses menggoreng akan menghancurkan antioksidan dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit.

Istirahat yang Cukup
Saat bulan Ramadan, Anda tentu memiliki banyak kesibukan dan aktivitas. Tak jarang, Anda jadi kurang tidur. Padahal istirahat yang cukup dan berkualitas sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Hal ini terkait karena peningkatan hormon kortisol akibat kurang tidur akan memperburuk kondisi inflamasi kulit.

Mandi Terlalu Lama
Jika cuaca sedang panas, dan Anda sedang menjalankan ibadah puasa, mandi tentu merupakan aktivitas yang menyenangkan karena membuat tubuh jadi terasa segar. Tetapi, sebaiknya Anda tidak terlalu lama mandi.

Hal ini disebabkan karena jika kulit terlalu lama terkena air, maka larutan lemak dalam kulit akan larut sehingga membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya, setelah mandi Anda juga mengenakan pelembap agar kulit tidak mudah kering.