Cara Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Mahasiswa, Anti Bokek!
Gaya Hidup

Cara Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Mahasiswa, Anti Bokek!

  • Inilah cara tepat mengatur keuangan untuk mahasiswa. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mengelola keuangan saat menjadi mahasiswa tentu bukan hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang tidak tinggal bersama orang tua, tentu Anda harus mampu mengatur uang dengan baik agar tidak cepat bokek atau kehabisan uang.

Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini agar keuangan Anda yang masih mahasiswa bisa teratur dan tidak mudah kehabisan uang.

Cara Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Cara Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

1. Tetapkan anggaran

Membuat anggaran sederhana setiap bulan bisa sangat membantu Anda mengatur keuangan. Anggaran akan memandu Anda dalam membuat keputusan belanja dengan cerdas.

Selain itu, penting juga untuk mendokumentasikan pengeluaran dan catat uang keluar yang masuk agar Anda mengetahui dengan pasti kegunaan dari uang Anda.

2. Hindari pemicu pengeluaran

Salah satu cara untuk menghindari pengeluaran yang terlalu banyak adalah dengan mengenali apa yang mendorong Anda untuk berbelanja. Selain itu, Anda juga perlu berpikir tentang apa saja yang Anda butuhkan dan bukan keinginan Anda saja.

3. Buat rencana makan

Jika masih berlaku, Anda bisa menggunakan kartu mahasiswa untuk mendapatkan diskon di restoran atau warung makan, acara olahraga atau perpustakaan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan medical center yang ada di kampus karena biasanya memberikan akses kesehatan secara gratis.

4. Beli barang bekas

Cobalah untuk mencari barang bekas baik itu lemari, meja belajar, atau buku belajar bekas di forum jual beli di Facebook atau e-commerce yang lain. Selain mendapatkan barang yang masih berkualitas, Anda juga bisa tetap menghemat uang.

5. Mencari pekerjaan

Meski kuliah bisa sangat sibuk, jika Anda memiliki waktu tersisa, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan sampingan. Cobalah untuk mencari pekerjaan yang jadwalnya fleksibel dan sesuai dengan jadwal Anda. 

Meski gajinya tidak besar, hal ini untuk membantu Anda memiliki uang tambahan dan tidak perlu khawatir jika suatu saat orang tua terlambat mengirim uang bulanan.

Itu tadi cara mengatur keuangan untuk mahasiswa. Selamat mencoba.