Cara Mengatur Uang untuk Anda yang Masih Lajang Agar Tabungan Makin Banyak
Gaya Hidup

Cara Mengatur Uang untuk Anda yang Masih Single Agar Tabungan Menggunung

  • Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur uang bagi Anda yang masih lajang.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mengelola uang saat Anda masih single atau lajang memiliki keuntungan yang lebih besar dan tantangan unik. Saat Anda masih lajang, Anda memiliki kebebasan penuh atas bagaimana penganggaran uang dan berapa banyak uang yang bisa Anda tabung.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang pasangan Anda yang tiba-tiba menghabiskan Anggaran. Anda juga dapat membatasi pengeluaran sebanyak yang Anda inginkan jika Anda ingin segera mencapai tujuan menabung.

Namun, tentu ada kelemahan bagi para lajang yang harus mengelola uang sendiri. Anda mungkin akan menghabiskan uang demi memuaskan keinginan sendiri. Tidak hanya itu, Anda mungkin juga tidak memiliki jaring pengaman atau penghasilan kedua yang dapat digunakan kembali ketika memasuki keadaan darurat. Hal itu mungkin membuat Anda harus mencari cara untuk membayar sewa rumah, makanan, pinjaman, dan lebih banyak lagi dari penghasilan Anda sendiri.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengelola keuangan saat masih lajang dengan menerapkan tips berikut ini.

Buat Anggaran

Cara terbaik untuk mengelola keuangan adalah dengan membuat anggaran. Salah satu metode penganggaran yang populer adalah metode 50/30/20.

Dengan strategi ini, Anda mengalokasikan 50% pendapatan Anda untuk biaya kebutuhan sehari-hari, 20% untuk tabungan dan pembayaran utang, dan 30% sisanya untuk membeli atau membayar hal-hal yang Anda inginkan.

Meskipun Anda mungkin perlu menyesuaikan persentase ini agar sesuai dengan kondisi finansial Anda, tips ini bisa berguna untuk membantu Anda menganggarkan uang dari bulan ke bulan.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda sudah menghabiskan uang melebihi anggaran, cobalah tunggu 48 jam kemudian jika butuh melakukan pembelian dalam jumlah besar. Masa tunggu ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk meninjau ulang apakah pembelian tersebut layak untuk dilakukan.

Kuasai Perencanaan Makan

Sebagai seorang lajang, mungkin Anda memiliki kehidupan sosial yang aktif dengan sering bertemu teman baik di restoran, mall, atau kafe. Akan tetapi, jika Anda tidak hati-hati, terlalu banyak makan di luar akan mengganggu tabungan Anda.

Cobalah untuk memasak makanan dalam jumlah yang besar atau membuat perencanaan makanan. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat waktu dan memudahkan Anda untuk makan di rumah.

Prioritaskan Tabungan Pensiun

Dalam hal menabung untuk pensiun, semakin dini Anda memulai, maka semakin baik. Jika memungkinkan, usahakan untuk menabung setidaknya 15% dari pendapatan sebelum pajak. 

Lakukan Otomatisasi Tabungan

Jika Anda ingin membangun rekening tabungan atau dana darurat yang dapat menutupi biaya hidup selama tiga sampai enam bulan, cara paling efektif untuk berhemat adalah dengan melakukan otomatisasi tabungan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur uang bagi Anda yang masih lajang. Selamat mencoba.