Cara Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Berpenghasilan Tunggal
Gaya Hidup

Cara Mengelola Keuangan bagi Keluarga Berpenghasilan Tunggal

  • Inilah cara mengelola keuangan bagi keluarga berpenghasilan tunggal. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Terlepas dari kondisi Anda, saat Anda berada pada keluarga berpenghasilan tunggal, maka Anda perlu melakukan penyesuaian anggaran dan biaya hidup yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Berikut beberapa cara mengelola keuangan bagi keluarga berpenghasilan tunggal.

Sesuaikan Anggaran

Satu hal yang perlu Anda lakukan jika Anda anggota dari keluarga berpenghasilan tunggal yaitu menyesuaikan anggaran dan membuat anggaran keluarga berdasarkan pengasilan tunggal keluarga. Anda mungkin juga bisa melakukan jalan pintas yaitu dengan menghemat uang belanja, tidak makan di luar atau di restoran, dan sebagainya.

Jangan Berhenti Menabung

Hanya karena keluarga Anda memiliki pendapatan dari satu orang saja, tidak berarti Anda harus berhenti menabung sama sekali. Anda justru menjadikan menabung sebagai prioritas utama.

Anda juga perlu menabung dana darurat karena biasanya keluarga yang hidup dengan satu pendapatan kemungkinan besar tidak memiliki banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk pengeluaran tak terduga.

Dana darurat yang Anda miliki harus bisa memenuhi kebutuhan Anda minimal enam bulan saat keluarga Anda tidak memiliki pendapatan sama sekali. Anda juga harus berpikir untuk menabung keperluan pensiun.

Investasikan dalam Asuransi

Banyak keluarga membuat kesalahan keuangan dengan tidak memiliki asuransi untuk anggota keluarga, terlepas dari siapa yang bekerja. Asuransi ini perlu dimiliki tidak hanya bagi anggota keluarga yang bekerja tapi juga yang tidak bekerja.

Lakukan Perubahan Secara Perlahan

Jika Anda belum benar-benar berada pada satu sumber pendapatan saja, mulailah untuk melakukannya secara bertahap. Pertama, sesuaikan gaya hidup dan anggaran Anda agar tetap bisa hidup dengan satu sumber penghasilan saja.

Jika Anda bisa tetap hidup normal dengan satu penghasilan  sementara Anda dan pasangan masih bekerja, ini adalah kesempatan yang baik untuk menghemat uang karena Anda akan menyimpan seluruh penghasilan dari satu orang. Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk melunasi utang, membangun dana darurat yang baik, dan berkontribusi pada dana pensiun.

Targetkan Pengeluaran Utama

Bagi banyak keluarga, mungkin pengeluaran terbesar justru pada biaya rumah yang terlalu mahal, membayar tagihan mobil, makan di luar, membeli pakaian, atau utang kartu kredit.

Jika Anda dapat memangkas pengeluaran tersebut dengan berfokus pada kebutuhan pokok seperti makan, maka Anda dapat mengatasi banyak tekanan keuangan dan membuat transisi dari dua pendapatan menjadi satu pendapatan jauh lebih lancar.

Itu tadi cara mengelola keuangan bagi keluarga berpenghasilan tunggal. Selamat mencoba.