​​Trik Kirim Email dari Gmail Tanpa Harus Terkoneksi Jaringan Internet
Tekno

Cara Mengetahui Email di Gmail Sudah Dibaca, Bantu Anda Lacak Pesan yang Telah Dikirim

  • Simak penjelasan mengenai cara mengetahui email sudah dibaca oleh penerima di Gmail. Selamat mencoba!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Di era digital saat ini, mengirim email lewat Gmail menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan banyak orang. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa ada cara mengetahui email yang dikirim di Gmail sudah dibaca.

Pada umumnya, banyak orang lebih menyukai mengirim pesan melalui aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp atau Telegram karena aplikasi tersebut memberikan feedback secara real-time, salah satunya tanda terima pesan telah dibaca.

Akan tetapi, ketika mengirim pesan melalui email, pengalamannya akan jadi sangat berbeda. Mungkin kita dapat melacak status pengiriman email, tapi fitur untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar telah membaca email yang dikirimkan masih relatif tidak jelas.

Jika Anda mengalami permasalahan yang serupa, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Fitur Tersembunyi di Gmail: Tanda Terima Email 

Gmail salah satu platform email paling populer ternyata menawarkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menentukan apakah penerima telah membaca email yang Anda kirimkan. 

Fitur ini meskipun tidak banyak yang mengetahui ternyata bisa sangat berguna baik untuk komunikasi pribadi maupun profesional. Namun, fitur ini ternyata ada kendalanya.

Untuk mendapatkan fitur tanda terima email sudah dibaca, Anda harus memiliki akun Google Workspace atau menggunakan Gmail melalui akun yang disiapkan oleh administrator di suatu lembaga pendidikan.

Jika Anda memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat mengaktifkan tanda terima telah dibaca di Gmail dengan mudah. 

Cara Mengaktifkan Tanda Terima Email Telah Dibaca di Gmail

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa mencoba mulai dengan menulis email seperti biasa. Selanjutnya, klik ikon berbentuk tiga titik di pojok kanan atas jendela layar email Anda.

Tindakan tersebut akan membuka menu ‘More options’. Dari menu tersebut, pilih opsi ‘Request read receipt’.

Setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan menerima pemberitahuan secara otomatis ketika penerima membuka email Anda. Meski begitu, penting untuk diperhatikan bahwa penerima juga harus menerima permintaan konfirmasi ini agar fitur ini bisa berfungsi.

Keterbatasan ini membuat metode yang terdapat pada fitur tersebut jadi agak sederhana. Akan tetapi, bisa jadi merupakan langkah yang benar.

Namun, jika fitur bawaan Gmail ini tidak mampu memenuhi harapan Anda, jangan khawatir. Ada metode yang lebih canggih yang tersedia untuk melacak tanda terima email yang telah dibaca. 

Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memasang ekstensi populer Mailtrack yang kompatibel dengan Gmail dan Outlook. Mailtrack dapat menawarkan pendekatan yang ramah pengguna untuk memberikan tanda terima telah dibaca di Gmail.

Untuk melakukannya, Anda tinggal mengunduh ekstensi Mailtrack dari Chrome Web Store. Jika Anda menggunakan browser berbasis Chromium seperti Microsoft Edge, jangan khawatir karena browser tersebut mendukung Mailtrack.

Jika Anda sudah berhasil menginstal Mailtrack, Anda dapat meautkannya ke Gmail Anda. Dengan Mailtrack, Anda akan menerima tanda terima telah dibaca untuk semua email yang ekstensinya telah Anda aktifkan.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengetahui email sudah dibaca oleh penerima di Gmail. Selamat mencoba!