Makin Seru! Pengguna Instagram Kini Bisa Komentar dengan GIF di Postingan Instagram
Tekno

Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Anda di Instagram, Simak Trik Rahasianya Berikut Ini!

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui siapa yang berhenti mengikuti atau unfollow Instagram Anda.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hampir semua orang terutama warga Indonesia yang memiliki smartphone juga memiliki akun media sosial seperti Instagram. Instagram adalah aplikasi media sosial yang memudahkan penggunanya untuk berbagi konten.

Selain itu, Instagram juga menjadi sebuah wadah di mana banyak orang berusaha mendapatkan banyak pengikut dan meningkatkan engagement.

Kehilangan pengikut atau followers di Instagram bagi beberapa orang mungkin terasa menyakitkan atau mengecewakan. Oleh karena itu, jika Anda penasaran dengan siapa saja akun Instagram yang berhenti mengikuti Anda di Instagram, simak beberapa cara berikut ini.

Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Akun Instagram Anda

Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Akun Instagram Anda

Sebelum Anda melakukannya, ada baiknya jika Anda mengetahui bahwa Instagram sebetulnya tidak menawarkan fitur asli untuk membantu Anda mengetahui siapa saja akun yang berhenti mengikuti Instagram Anda. Anda hanya bisa melihat penurunan jumlah followers Anda.

Meski begitu, ada beberapa cara alternatif untuk mengetahui siapa yang berhenti mengikuti Anda, salah satunya adalah dengan memanfaatkan adanya aplikasi pihak ketiga. 

Meskipun aplikasi pihak ketiga dapat membantu, perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut tetap memiliki tantangan dan risikonya sendiri. API Instagram memiliki batasan tertentu yang dapat memengaruhi fungsionalitas aplikasi pihak ketiga. 

Misalnya, aplikasi hanya akan melacak data sejak pertama kali Anda memasangnya, jadi pengikut yang hilang sebelum Anda menginstal aplikasi pihak ketiga tersebut tidak akan diperhitungkan.

Selain itu, karena aplikasi pihak ketiga ini tidak diotorisasi oleh Instagram, keamanan akun Anda bisa terancam. Anda mungkin rentan terhadap pelanggaran data atau upaya peretasan. Instagram juga sesekali memperbarui API atau kebijakannya, yang dapat menyebabkan aplikasi ini berhenti berfungsi tanpa peringatan.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti berikut:

1. Followers - Tracker Insight (untuk ponsel Android).

2. Reports for Followers (untuk iPhone).

3. Followers - Unfollowers (untuk ponsel Android).

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui siapa yang berhenti mengikuti atau unfollow Instagram Anda. Pastikan untuk tetap mengingat bahwa aplikasi pihak ketiga yang tidak sah dapat membahayakan keamanan akun Anda, melanggar pedoman komunitas, dan mengakibatkan kehilangan akses ke fitur Instagram.

Oleh karena itu, Anda harus tetap hati-hati meninjau izin yang diminta oleh aplikasi pihak ketiga dan memastikan mereka patuh terhadap persyaratan layanan Instagram untuk mempertahankan pengalaman menggunakan Instagram yang aman dan menyenangkan.