<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Cara Mudah Adaptasi di Kantor Baru Agar Pekerjaan Makin Lancar

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan transisi yang mulus ke dalam pekerjaan baru Anda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memiliki pekerjaan baru adalah impian bagi banyak orang apalagi yang sudah jenuh dengan tugas rutin yang membosankan atau kurang tantangan. Namun, ada tantangan lain yang harus dihadapi yaitu beradaptasi dengan lingkungan di kantor baru.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan transisi yang mulus ke dalam pekerjaan baru Anda.

Cara Mudah Adaptasi di Kantor Baru

Cara Mudah Adaptasi di Kantor Baru

1. Bersikap positif

Setiap perubahan karier tentu akan menimbulkan berbagai emosi. meski awalnya Anda bersemangat ketika mengambil langkah selanjutnya dalam karier Anda, transisi ke pekerjaan baru kemungkinan besar juga akan disertai dengan beberapa kendala.

Apapun masalahnya, penting untuk tetap tegak dan menghadapi semuanya dengan bersikap positif. Menampilkan sikap antusias kemungkinan besar juga akan menarik rekan kerja Anda dan membuat interaksi jadi sedikit lebih lancar.

2. Temukan rutinitas

Kembali bekerja setelah resign pada awalnya mungkin menjadi tantangan apalagi untuk beradaptasi pada tugas-tugas baru Anda. Oleh karena itu, penting untuk membangun dan mengelola rutinitas yang baik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bekerja.

3. Pahami budaya perusahaan

Menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru seringkali juga beriringan dengan menerapkan budaya perusahaan Anda. Rangkullah secara terbuka budaya perusahaan baru Anda dengan menjadikannya sebagai kebiasaan baru.

4. Tetapkan tujuan

Dalam beberapa minggu pertama bekerja, pastikan untuk menetapkan beberapa tujuan yang bermanfaat untuk pekerjaan Anda ke depannya. tanyakan pada diri sendiri apa yang harus Anda capai dalam tiga bulan pertama dan apa yang ingin Anda capai di masa mendatang. 

5. Hindari membicarakan hal buruk mengenai perusahaan Anda sebelumnya

Mungkin memang sangat menggoda untuk membicarakan hal buruk tentang perusahaan yang baru saja Anda tinggalkan. Namun ingatlah bahwa hal ini ternyata bisa berdampak buruk bagi Anda. Sebaiknya, simpan pendapat ini untuk diri Anda sendiri dan gunakan sebagai dasar untuk mencari tahu apa yang salah sehingga situasi yang sama tidak muncul dalam pekerjaan baru Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan transisi yang mulus ke dalam pekerjaan baru Anda. Selamat mencoba.