Cara Mudah Menabung Seperti Orang Korea dengan Kalender Saku
Gaya Hidup

Cara Mudah Menabung Seperti Orang Korea dengan Kalender Saku

  • Ini dia cara mudah menabung seperti orang Korea dengan menggunakan kalender saku
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menabung merupakan aktivitas yang mungkin terlihat sepele dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ternyata tidak semua orang bisa menabung dengan konsisten. 

Hal ini mungkin banyak orang yang sulit untuk tidak tergoda melihat banyak barang baru, limited edition, diskon, dan berbagai promo untuk barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Jika Anda mengalami hal yang serupa, tidak ada salahnya jika Anda mencoba kalender saku yang merupakan cara menabung khas orang Korea ini.

Kalender saku merupakan kalender yang dilengkapi kantong-kantong pada setiap angka-angkanya. Kantong tersebut bisa diisi dengan uang tergantung dengan tanggalnya. 

Metode menabung menggunakan kalender saku bisa Anda coba karena prosesnya yang menyenangkan dan tidak membuat Anda tersiksa. Berikut cara menggunakan kalender saku untuk menabung seperti orang Korea.

1. Setelah mendapatkan gaji, segera bagi uang Anda untuk pengeluaran selama sebulan. Kemudian, uang tersebut bagilah per hari, kemudian masukkan ke dalam setiap saku di kalender sebagai uang harian. Dengan menerapkan cara ini, maka Anda bisa menghindari pengeluaran secara impulsif. 

2. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menetapkan jumlah tabungan yang sama setiap harinya untuk dimasukkan ke dalam saku kalender. Hal ini lebih cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja lepas atau memiliki penghasilan yang tidak tetap.

3. Cara berikutnya yaitu dengan menyesuaikan jumlah tabungan dengan angka yang terdapat pada tanggal. Jadi, misalnya tanggal 1, Anda bisa memasukkan angka Rp 10.000, tanggal 2 masukkan Rp 20.000 dan seterusnya, di mana jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan pendapatan Anda.

Dengan menggunakan kalender saku, Anda akan lebih mudah untuk menyisihkan uang dan menabung secara konsisten setiap hari. Selain itu, saat Anda melihat kantong di kalender tersebut sudah penuh, maka motivasi Anda untuk menabung jadi semakin meningkat. 

Tidak hanya itu, jika Anda menerapkan cara pertama di mana Anda memasukkan dana harian ke dalam kantong, Anda akan langsung menahan diri jika tidak menyisakan uang untuk keperluan di hari tersebut.

Meski begitu, cara menabung ala Korea menggunakan kalender saku ini juga tetap membutuhkan perencanaan agar Anda tidak memberikan dana harian secara sembarangan tanpa perhitungan. Anda juga tetap perlu untuk menyimpan sisa uang yang tidak digunakan pada hari itu di rekening bank agar Anda tidak mudah tergoda untuk menggunakannya.