Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/
Rumah & Keluarga

Cara Mudah Menghemat Uang dengan Anggaran yang Ketat

  • Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran meski dengan anggaran yang ketat.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat ini banyak orang yang terpaksa harus hidup dari gaji ke gaji, dan ketika dana terbatas Anda mungkin akan mudah merasa lebih putus asa dan merasa bahwa situasi ini bersifat permanen. 

Akan tetapi, ketika Anda sedang dalam masa keuangan yang sulit, ada strategi yang dapat Anda terapkan setiap hari untuk menghemat uang.  Anda mungkin pernah mendengar saran klise untuk mencoba tidak minum secangkir kopi di pagi hari atau hanya makan sedikit sampai keadaan sampai menjadi lebih baik. 

Akan tetapi, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatur anggaran Anda tanpa mengorbankan kesenangan Anda.

Cara Terbaik Menghemat Uang Meski dengan Anggaran yang Ketat

Ketika Anda berada dalam situasi di mana anggaran Anda terbatas, pertama penting untuk mencari tahu apa penyebabnya, seperti mengalami PHK atau kehilangan pendapatan secara tiba-tiba. Setelah itu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Bayar Semua Tagihan Tepat Waktu

Ketika uang Anda terbatas, terlambat membayar tagihan atau tidak membayar sama sekali mungkin merupakan naluri Anda sehingga Anda berpikir ingin mengalihkan uang itu untuk berbelanja hal lain.

Akan tetapi, biaya keterlambatan dan bunga justru dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih banyak dalam jangka panjang, jadi penting untuk segera membayar tagihan tepat waktu.

Mengurangi Tagihan Utilitas

Jika tagihan Anda melebihi anggaran Anda, Anda mungkin bisa menemukan cara untuk menguranginya. Pertama, Anda dapat memastikan rumah Anda hemat energi sehingga sedapat mungkin menghemat air dan gas. Anda juga bisa memilih menggunakan kipas angin daripada AC untuk menghemat tagihan listrik.

Pangkas Biaya Langganan 

Berlangganan baik untuk layanan streaming atau apapun bisa membuat pengeluaran Anda jadi rumit. Langganan tersebut tampaknya seperti pembelian yang tidak mahal jika Anda membayarnya setiap bulan. Bahkan, tagihannya bisa jadi bertambah dengan cepat dan akan terasa sia-sia jika Anda tidak benar-benar menggunakannya secara maksimal.

Gunakan Angkutan Umum

Angkutan umum akan menghemat biaya bahan bakar. Selain itu, Anda juga akan lebih cermat saat ingin pergi ke luar rumah sehingga Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Gunakan Metode Amplop atau Lacak Pengeluaran

Penting untuk mengetahui secara pasti ke mana perginya uang saat dana terbatas. Dengan demikian, Anda bisa lebih cermat saat mengeluarkan hal-hal yang tidak perlu Anda butuhkan.

Anda bisa melacak pengeluaran dengan menggunakan aplikasi yang ada ponsel atau menggunakan spreadsheet sederhana. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan metode amplop, di mana amplop tersebut berisi uang yang telah dikategorikan sesuai anggaran Anda.

Menyadari Saat Melakukan Pembelian yang Tidak Perlu

Anda perlu sadar atau lebih meaningful ketika melakukan pembelian. Hal ini akan mencegah Anda untuk melakukan pembelian barang yang tidak diperlukan. Mengembangkan kebiasaan tersebut di mana Anda bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan atau hanya menginginkannya akan membantu Anda lebih disiplin dan menghasilkan penghematan yang lebih nyata sepanjang hidup.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran meski dengan anggaran yang ketat.