<p>Inilah cara mudah menghilangkan stres berlebihan/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Cara Mudah Menghilangkan Stres Berlebihan

  • Inilah cara mudah menghilangkan stres berlebihan

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Stres atau perasaan tertekan adalah suatu respon tubuh terhadap adanya tantangan atau tuntutan. Setiap orang bisa mengalami stres yang dapat dipicu oleh beragam peristiwa. Respon stres seperti meningkatnya detak jantung dan tekanan darah, ketakutan dan marah. Meski sering dianggap negatif, stres juga dapat memberikan perubahan positif dalam hidup Anda, seperti mendapat promosi jabatan.

Meskipun tidak ada yang bisa menghindari semua stres, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah berikut seperti berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
    Sebagian orang mencoba menghilangkan stres dengan minum alkohol atau makan terlalu banyak. Tindakan ini justru menambah stres dalam jangka panjang. Selain alkohol, kafein juga dapat memperparah efek stres. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang dapat membantu mengatasi stres.
  2. Olahraga Secara Teratur
    Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga terbukti ampuh untuk meredakan dan menghilangkan stres. Olahraga jenis aerobik terbukti dapat melepaskan endorfin, yaitu zat alami yang membantu Anda merasa lebih baik dan mempertahankan sikap positif.
  3. Berhenti Merokok
    Banyak orang merokok untuk meredakan stres. Padahal, nikotin yang terkandung dalam rokok justru memberikan lebih banyak tekanan pada tubuh dengan meningkatkan gairah fisik, dan mengurangi aliran darah dan pernapasan.
  4. Pelajari dan Praktikkan Teknik Relaksasi
    Luangkan waktu untuk bersantai setiap hari untuk membantu mengelola stres dan melindungi tubuh dari dampak stres.
  5. Tetapkan Tujuan dan Harapan yang Realistis
    Menyadari bahwa Anda tidak bisa 100% berhasil dalam segala hal adalah langkah yang baik untuk meredakan stres. Anda bisa mulai menetapkan tujuan dan harapan yang realitis. Tak hanya itu, Anda juga bisa memulai menerapkan pola hidup untuk dapat menerima ada hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan sendiri.