Punya iPhone Mahal Tapi Lemot? Ini Cara Mengatasinya
Tekno

Cara Mudah Mengosongkan Memori iPhone Penuh untuk Mengoptimalkan Penyimpanan

  • Inilah beberapa cara mengosongkan memori iPhone penuh untuk mengoptimalkan penyimpanan atau storage pada ponsel Anda. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ketika Anda memiliki iPhone lama atau model iPhone yang tanpa disertai storage dalam jumlah besar, ada kemungkinan Anda kehabisan memori. Selain menghapus aplikasi, musik, dan video yang tidak diinginkan, ada beberapa cara lainnya untuk mengosongkan memori iPhone penuh. Berikut penjelasannya.

Cara Mengosongkan Memori iPhone Penuh

Sebelumnya, iOS menyebut kategori penyimpanan yang berbeda di menu ‘Other’. Namun iOS versi terbaru mengganti nama menu tersebut menjadi ‘System Data’.

Jika file Anda yang lain menghabiskan banyak memori atau storage, Anda dapat mengklaim kembali sebagian untuk membuat iPhone Anda berjalan lebih lancar. Ini akan membantu mengosongkan ruang untuk menginstal aplikasi dan pembaruan.

Karena ada banyak jenis file yang menghabiskan storage di iPhone, ada beberapa cara untuk mengosongkan memori. Salah satunya dengan menghapus cache Safari. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Tap Safari.
  3. Scroll ke bawah lalu tap Clear History and Website Data.
  4. Di popup selanjutnya, ketuk Clear History and Data.
  5. Kemudian Anda akan ditanya apakah ingin menutup semua tab atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu menghapus pesan secara otomatis. Aplikasi Pesan atau Messages sebetulnya dikonfigurasikan untuk menyimpan semua pesan teks selamanya.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu aplikasi ini dapat memakan banyak ruang. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus pesan secara otomatis untuk mendapatkan memori yang lebih banyak. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Ketuk Messages.
  3. Scroll ke bawah ke bagian Message History dan tap Keep Messages.
  4. Pilih jangka waktu untuk menyimpan pesan, seperti 1 tahun atau 30 hari.

Cara lain untuk mendapatkan kembali ruang adalah dengan menghapus email Anda. Jika Anda cenderung menyimpan banyak email, itu dapat menghabiskan banyak penyimpanan Anda yang lain. Untuk melakukan itu, Anda harus menghapus email dengan lampiran besar.

Aplikasi Mail juga memiliki cache sendiri, yang cenderung menjadi semakin besar seiring waktu. Tidak ada cara mudah untuk menghapus cache tersebut, tetapi jika Anda menghapus dan menambahkan kembali akun email Anda, itu akan menghapus cache email dalam prosesnya.

Itu tadi beberapa cara mengosongkan memori iPhone penuh untuk mengoptimalkan penyimpanan atau storage pada ponsel Anda. Selamat mencoba.