Cara Mudah Mengurangi Pengeluaran untuk Makan Sehari-hari
Gaya Hidup

Cara Mudah Mengurangi Pengeluaran untuk Makan Sehari-hari

  • Makanan adalah kebutuhan pokok sehari-hari yang harus kita penuhi. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran untuk makan sehari-hari.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Makanan adalah kebutuhan pokok sehari-hari yang harus kita penuhi. Bahkan, makanan menjadi salah satu pengeluaran bulanan terbesar Anda.

Biasanya, pilihan makanan di luar kerap disebut sebagai penyebab penambahan pengeluaran bulanan. Akan tetapi, memasak di rumah juga bisa jadi pilihan yang membuat pengeluaran Anda semakin banyak.

Memasak di rumah juga bisa lebih mahal jika Anda sangat mementingkan label organik. Oleh karena itu, simak tips berikut ini yang bisa mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan makan sehari-hari.

1. Cari Toko Bahan Makanan yang Memberikan Harga Lebih Miring

Anda bisa membeli barang dalam jumlah besar melalui koperasi makanan lokal, pasar yang langsung dari petani atau toko kelontong besar. Anda bisa menjadi anggota dari koperasi tersebut sehingga bisa membeli dalam jumlah yang besar karena biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah daripada Anda membeli dalam eceran. Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah berhemat.

2. Cari Pilihan Hemat Saat Makan Siang

Untuk menghemat biaya makan, Anda bisa membawa bekal dari rumah agar tidak perlu makan siang di luar. Anda bisa mulai mencoba menyiapkan menu makan siang di awal minggu. Selain lebih hemat, Anda bisa mengontrol makanan apa saja yang Anda konsumsi sehingga membuat Anda jadi lebih sehat.

3. Lebih Sering Masak di Rumah

Jika Anda berhenti makan di luar, maka Anda dapat memangkas pengeluaran untuk makanan secara signifikan. Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan sekitar 45% dari anggaran makanan mereka dengan makan di luar.

Oleh karena itu cobalah untuk memasak makan malam Anda di rumah setiap malam,setidaknya selama seminggu dalam sebulan. Jika Anda tidak memiliki waktu lebih, cobalah untuk memasukkan makanan frozen food buatan sendiri dalam daftar makan malam mingguan Anda.

Membuat makanan frozen sendiri tentunya akan membuat Anda lebih paham bahan-bahan apa saja yang Anda gunakan. Hal ini selain lebih hemat dan praktis, juga membuat Anda lebih sehat.

4. Luangkan Waktu Merencanakan Menu Makan

Perencanaan menu adalah kunci lain untuk membantu Anda memotong tagihan makanan bulanan Anda. Ini membantu Anda membuat dan tetap berpegang pada daftar yang sudah ada saat berbelanja dan dapat mengurangi jumlah perjalanan yang tidak perlu ke toko bahan makanan.

5. Kumpulkan Kupon atau Voucher

Kupon dan voucher bisa menjadi hal yang berguna untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli bahan makanan. Anda juga dapat menggunakan kupon untuk menghemat uang belanjaan Anda. Hal ini akan membantu Anda saat merencanakan menu makan, contohnya dengan membeli bahan makanan yang mahal seperti daging hanya jika memiliki voucher saja.